Suhu Panas Jelang Musda Demokrat Jatim, Ini Peta Dukungan Emil-Bayu

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:09 WIB
emil dardak dan bayu airlangga
Emil Dardak dan Bayu Airlangga (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Musda DPD Partai Demokrat Jatim ke-6 akan digelar di Hotel Shangri-La Surabaya pada Kamis (20/1). Ada dua nama terkuat untuk menjadi nakhoda Demokrat Jatim 5 tahun ke depan.

Dua nama yang akan memperebutkan kursi Ketua DPD Demokrat Jatim yakni Plt Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak dan Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim Bayu Airlangga.

Dukungan ke Emil Dardak

Ketua DPC Demokrat Trenggalek Mugianto membeberkan, dukungan DPC Demokrat di Jatim kepada Emil Dardak untuk sementara sudah mencapai 12. Di antaranya dari DPC Demokrat Trenggalek, DPC Demokrat Ponorogo, DPC Demokrat Kota Kediri, DPC Demokrat Kabupaten Blitar, DPC Demokrat Tulungagung, DPC Demokrat Banyuwangi, DPC Demokrat Situbondo.

"Jadi dukungan untuk Mas Emil ini sementara sudah 12 DPC untuk beliau maju sebagai calon Ketua Demokrat Jatim di Musda Demokrat ke-6 nanti," kata Mugianto kepada detikcom, Senin (17/1/2022).

Mugianto menyebut, dukungan kepada Emil akan terus bertambah hingga hari H Musda Demokrat Jatim digelar. Mugianto membeberkan alasan DPC mendukung Emil, salah satunya terkait prestasi selama menjabat sebagai kepala daerah.

"Mas Emil sosok yang pas saat ini, beliau mumpuni, apalagi prestasinya saat menjabat sebagai Bupati Trenggalek dan Wagub Jatim," katanya.

"Mas Emil juga sosok yang tepat memimpin Demokrat Jatim untuk saat ini, mengingat ini sudah mendekati tahun politik. Saya kira, Mas Emil juga sering berkomunikasi dan konsolidasi dengan daerah, jadi itu alasan mengapai kami mendukung beliau," lanjutnya.

Dukungan ke Bayu Airlangga

Sementara untuk calon lainnya yakni Anggota DPRD Jatim, Bayu Airlangga. Menantu Soekarwo (Pakdhe Karwo), mantan gubernur ini didukung oleh 30 DPC Demokrat se-Jatim.

Ketua DPC Partai Demokrat Kediri, Yakup mengatakan, ada 30 DPC Demokrat se-Jatim yang memberi surat dukungan kepada Bayu Airlangga dalam pencalonannya sebagai Ketua Demokrat Jatim. Dukungan itu sudah diserahkan secara resmi ke DPP melalui BPOKK dengan surat bermaterai dan stempel masing-masing DPC.

"Dukungan kepada Mas Bayu yang diserahkan ke DPP saat itu sudah jelas 30 DPC se-Jatim. Ada dua DPC lagi yang juga sudah menandatangani dukungan bermaterai dan stempel yang segera akan diserahkan ke DPP. Dengan begitu, ada 32 DPC yang memberi dukungan ke Mas Bayu," kata Yakup dalam keterangan yang diterima detikcom.