Demokrat Rayakan HSN di Banyuwangi, 160 Kiai Gabung Partai

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 23:51 WIB
Partai Demokrat (PD) bersama Forum Komunikasi Kiai Langgar (FOKKAL) Banyuwangi merayakan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 pada Minggu (24/10). Acara yang digelar selama tiga hari itu, untuk mendorong aktualisasi bakat santri lewat berbagai lomba.
Perayaan Hari Santri Nasional yang digelar Partai Demokrat (PD) bersama FOKKAL Banyuwangi/Foto: Istimewa
Surabaya -

Partai Demokrat (PD) bersama Forum Komunikasi Kiai Langgar (FOKKAL) Banyuwangi merayakan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 pada Minggu (24/10). Acara yang digelar selama tiga hari itu, untuk mendorong aktualisasi bakat santri lewat berbagai lomba.

Acara ini dihadiri Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara virtual, serta Plt Ketua DPD PD Jatim Emil Elestianto Dardak secara langsung. Emil mengatakan, perayaan HSN ini merupakan bentuk penghargaan kepada santri dan kiai yang ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami mengapresiasi sangat luar bisa karena santri dan kiai bekerja luas biasa mewujudkan kemerdekaan," kata Emil dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Emil menjelaskan, semangat pantang menyerah dari para santri dan kiai di tengah pandemi COVID-19 ini, bisa menjadi tauladan bagi seluruh masyarakat untuk diterapkan. Wagub Jatim ini berharap agar semangat dan militansi dari para santri itu, bisa diteladani juga oleh kader PD, khususnya di Jatim.

"Tugas Partai Demokrat di Banyuwangi tidak sederhana. Karena itu kita berharap agar ada tuntunan kiai dan bu nyai agar partai semakin solid," terang Mantan Bupati Trenggalek ini.

Sementara AHY, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada para kiai dan santri yang telah berjuang keras mempertahankan kemerdekaan NKRI.

"Partai Demokrat insyaallah istiqomah untuk menegakkan komitmennya, berkoalisi dengan rakyat. Tentu dalam konteks ini kami juga ingin selalu dekat dengan para alim ulama dan kalangan pesantren. Insyaallah Partai Demokrat yang memiliki garis nasionalis-religius bisa terus hadir di tengah-tengah masyarakat," kata AHY.

AHY juga meminta agar kader PD untuk meneladani sikap tawadlu santri kepada kiai. Selain itu, kader juga harus mencontoh sikap kiai dan santri yang gigih mempertahankan NKRI dan kemerdekaan, serta meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

"Mari kita meneladani sikap Rasulullah. Dan kegigihan kiai serta santri dalam memperjuangkan NKRI harus dijadikan semangat kita," ungkapnya.

Dalam acara itu, AHY juga menyapa Emil secara khusus. Dia meminta agar kader PD tetap solid bekerja bagi masyarakat. AHY juga memberikan apresiasi kepada Emil dan Ketua PD Banyuwangi Michael atas langkah pro-aktif menjalin sinergi dengan para kiai.