Musda Demokrat Jatim, DPC Trenggalek Pastikan Dukung Emil Dardak

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 14:29 WIB
Emil Elestianto Dardak
Emil Dardak (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Peta dukungan Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI Partai Demokrat Jawa Timur untuk kandidat ketua DPD terus menggeliat. Sejumlah DPC menyatakan dukungan untuk Emil Elestianto Dardak.

Ketua DPC Partai Demokrat Trenggalek Mugianto, mengatakan hingga saat terdapat 12 DPC yang berkomitmen mendukung Emil Elestianto Dardak untuk diusulkan menjadi ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Beberapa di antaranya Trenggalek, Tulungagung, Kediri Kota, Blitar dan Ponorogo.

"Trenggalek tekad bulat dukung Mas Emil. Kami juga terus komunikasi dengan teman-teman DPC yang lain, Alhamdulillah dukungan untuk Mas Emil terus meningkat. Saat ini ada 12 DPC yang menyatakan mendukung," kata Mugianto, Senin (17/1/2022).

Menurutnya dukungan terhadap Wakil Gubernur Jatim tersebut dinilai cukup realistis. Sebab yang bersangkutan merupakan salah satu putra terbaik bangsa, yang telah memiliki catatan prestasi di berbagai bidang. Sosok Emil juga dinilai telah berpengalaman di birokrasi, dengan menjadi Bupati Trenggalek serta Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Kehadiran Mas Emil ini mampu meningkatkan elektabilitas partai. Mas Emil merupakan representasi dari kaum milenial yang energik dan memiliki talenta istimewa," jelasnya.

Mugianto menambahkan, hingga pelaksanaan Musda Demokrat Jatim 20 Januari 2022 mendatang, pihaknya optimistis dukungan untuk Wakil Gubernur Jatim tersebut terus bertambah. "Kami yakin akan bertambah," ujarnya.

Lebih lanjut anggota DPRD Trenggalek ini menjelaskan, mekanisme pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim saat ini berbeda dengan musda sebelumnya. Jika sebelumnya kandidat dipilih dengan sistem suara terbanyak, namun saat ini akan melalui mekanisme pengusulan dan diputuskan oleh DPP Partai Demokrat.

"Jadi kandidat yang bisa diusulkan itu minimal mendapatkan dukungan atau usulan dari 20 persen DPC, kalau di Jawa Timur berarti minimal 8 DPC. Melihat dinamika saat ini Mas Emil sudah lolos dari syarat minimal dukungan," imbuhnya.

Selanjutnya para kandidat yang lolos syarat dukungan akan dilakukan fit and proper test oleh DPP Partai Demokrat. Langkah itu sebagai upaya untuk menilai kelayakan kandidat untuk diberikan amanat sebagai nakhoda partai di daerah.

"Melihat dari sepak terjang dan pengalaman Mas Emil, kami dari Trenggalek optimistis beliau akan dipilih untuk memimpin DPD Demokrat Jatim," imbuhnya.

Sementara terkait pelaksanaan musda mendatang, pihaknya yakin akan berjalan dengan damai dan tertib. Perbedaan dukungan antara DPC satu dengan lainnya merupakan hal yang lumrah terjadi di setiap perhelatan musda.

"Musda ini bukan untuk memecah belah partai, tapi justru sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan soliditas partai. Bagi kami perbedaan dukungan tidak menjadi persoalan, demokrasi ya seperti itu," jelasnya.

Pihaknya berharap siapapun yang nantinya akan ditunjuk DPP sebagai DPD Partai Demokrat Jatim, mampu mengkonsolidasikan seluruh elemen PD. Sehingga ke depan elektabilitas partainya terus mengalami peningkatan dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

(fat/fat)