Berhalusinasi, Pemuda Tunarungu di Tulungagung Ceburkan Diri ke Sumur

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 18:38 WIB
Pemuda berkebutuhan khusus ceburkan diri ke sumur
Foto: Dok. Polsek Kedungwaru
Tulungagung - Seorang pemuda berkebutuhan khusus di Tulungagung nekat menceburkan diri ke dalam sumur di rumahnya. Korban berhasil selamat setelah dievakuasi oleh tim damkar dan petugas gabungan.

Kapolsek Kedungwaru AKP Siswanto mengatakan aksi nekat korban, ZPA (20) warga Desa/Kecamatan Kedungwaru, diduga dilakukan pukul 05.30 WIB. Peristiwa tersebut akhirnya diketahui oleh pihak keluarga dan dilaporkan ke aparat desa dan kepolisian.

"Korban ini adalah tunarungu, dia sekolah di SLB Tulungagung. Korban baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 12.30 WIB," kata AKP Siswanto, Selasa (11/1/2022).

Menurut Siswanto, untuk mengevakuasi korban, tim gabungan yang terdiri dari damkar, kepolisian, TNI serta petugas kesehatan membutuhkan waktu hingga berjam-jam, sebab korban menolak dievakuasi. Awalnya petugas damkar hendak memasang alat evakuasi pada tubuh korban, namun yang bersangkutan justru memberontak.

"Kemudian ayah korban yang turun ke dalam sumur, untuk membujuk korban. Akhirnya korban menurut dan berhasil dievakuasi," jelasnya.

Saat dievakuasi kondisi korban mengalami kedinginan, bahkan tubuhnya tampak pucat. Petugas kesehatan yang berada di lokasi langsung turun tangan untuk melakukan pemeriksaan.

"Korban tadi masih belum mau, saat diminta minum air hangat," ujar Siswanto.

Kapolsek menambahkan, dari hasil penyelidikan sementara korban diduga nekat menceburkan diri ke dalam sumur karena mengalami depresi dan halusinasi. "Info awal dia mengalami depresi, saat ini kami masih melakukan pendalaman," katanya.

Pascakejadian itu aparat kepolisian meminta pihak keluarga untuk lebih intensif dalam menjaga korban. Selain itu keluarga juga diminta menutup sumur tersebut, agar kejadian serupa tidak kembali terjadi.

Informasi berikut ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bila Anda merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan. (iwd/iwd)