Begini Persiapan Pemkab Ponorogo Vaksinasi 71 Ribu Anak 6-11 Tahun

Charoline Pebrianti - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 18:19 WIB
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Pemkab Ponorogo menggarap serius soal percepatan vaksinasi anak di bumi Reog. Terbukti ada 60 ribu dosis vaksin jenis Sinovac dipersiapkan untuk anak usia 6 hingga 11 tahun.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menjelaskan pihaknya pun menyiapkan para vaksinator agar menyeleksi anak dengan detail. Terutama soal kesehatan anak saat divaksin.

"Kita periksa sedetail mungkin bagaimana suhunya (kesehatan anak), supaya tidak terjadi di daerah lain, saya juga nggak yakin di daerah lain apa karena vaksin," tutur Giri kepada wartawan, Jumat (7/1/2022).

Giri menambahkan pihaknya mulai Sabtu (8/1) besok sudah mulai melaksanakan vaksinasi anak. Di titik SDN Mangkujayan 1 dan SDN Bangunsari 3.

"Vaksin anak besok mulai dijalankan, sudah disiapkan vaksin Sinovac 30 ribu kemudian 30 ribu lagi, jadi total 60 ribu," terang Giri.

Menurut Giri, target vaksinasi anak di Ponorogo sebesar 71 ribu anak. Diperkirakan akhir Februari proses vaksinasi anak sudah tercapai.

"Percepatan agar waktu dekat semua tercapai, lansia harus jalan meski sudah target, untuk anak-anak juga biar Ponorogo segera pulih. Saya gelisah (karena pandemi) biar ekonomi segera bagus," ujar Giri.

Sementara, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lastari menambahkan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Dukcapil, Kemenag dan Dinsos.

"Kami lebih mudah karena terdata, sehingga anak-anak lebih cepat tervaksin melalui sekolah," pungkas Heni. (iwd/iwd)