Saat Warga Jember Tanam Padi di Jalan Rusak yang Tak Kunjung Diperbaiki

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 11:28 WIB
Sejumlah warga Dusun Sumberejo, Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan menanam padi di jalan rusak. Itu sebagai protes karena jalan yang rusak parah tak kunjung diperbaiki.
Saat warga menanam padi di jalan rusak/Foto: Istimewa
Jember - Sejumlah warga Dusun Sumberejo, Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan menanam padi di jalan rusak. Itu sebagai protes karena jalan yang rusak parah tak kunjung diperbaiki.

Aksi warga itu bahkan sempat viral karena direkam dan diunggah ke media sosial. Dalam video itu, terlihat beberapa orang menanam padi, sementara beberapa orang lainnya terlihat hanya berdiri menyaksikan.

Ada juga yang menanam pohon pisang di dekat padi yang ditanam di jalan itu. Perekam video sempat meminta tanggapan pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Beberapa pengendara memberikan tanggapan yang justru mendukung aksi warga menanam padi tersebut. "Piye Pak, sip yo (Bagaimana Pak, sip kan)?" tanya perekam video itu.

Pengendara mobil langsung mengacungkan jempol sambil berkata 'Mantap, sip tak dukung'.

Si perekam video juga bertanya pada warga yang menanam padi, apakah rutin membayar pajak. Warga pun mengakui bahwa mereka rutin bayar pajak. Sehingga mereka menuntut agar perbaikan jalan segera dilakukan.

Kapolsek Wuluhan AKP Solekhan Arif membenarkan aksi itu. Aksi itu dilakukan karena warga ingin jalan tersebut segera diperbaiki.

"Itu merupakan bentuk protes dari warga akibat jalan yang rusak parah," kata Arif, Kamis (6/1/2022).

Namun, sambung Arif, pihaknya memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak melakukan aksi yang justru mengganggu keamanan dan kenyamanan warga lainnya. Sebab hampir separuh badan jalan ditanami padi.

"Alhamdulillah, setelah kita berikan pemahaman, warga akhirnya membersihkan tanaman padi itu yang ditanam di jalan," pungkas Arif. (sun/bdh)