Jalan Ambrol di Ponorogo Ditandai Pakai Batu Nisan, Begini Penjelasan Kades

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 14:20 WIB
Ada jalan yang ambrol di Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Warga menaruh empat batu nisan atau yang biasa disebut kijing di jalan tersebut.
Jalan ambrol di Ponorogo ditandai 4 batu nisan/Foto: Charolin Pebrianti/detikcom
Ponorogo -

Jalan ambrol di Ponorogo ditandai 4 batu nisan agar pengendara lebih berhati-hati. Dari mana batu nisan atau yang biasa disebut kijing itu?

Jalan ambrol ini berada di Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung. Kades Ringinputih, Supriyadi menerangkan, lokasinya dekat dengan pemakaman desa. Karena pemakaman sudah penuh, akhirnya kijing kuburan yang ada di makam diambil semua.

"Kan sempat waktu COVID-19 kemarin banyak yang meninggal, akhirnya warga sepakat kijing diambil supaya makamnya muat," tutur Supriyadi kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Supriyadi menambahkan, awalnya warga ingin memasang bambu sebagai penanda jalan ambrol. Namun karena ingin lebih mudah, akhirnya batu nisan bekas kuburan yang dipasang di sekitar jalan ambrol, sebagai penanda untuk pengendara.

"Jadi spontan saja warga menaruh kijing di sana, tidak ada tendensi apa-apa. Demo segala macam nggak ada," terang Supriyadi.

Menurut Supriyadi, jalan yang ambrol tersebut sebenarnya sudah diberi talud atau plengsengan. Namun karena jalanan rusak, banyak pengendara terutama truk yang membawa muatan lebih memilih jalan di pinggir.

"Akhirnya taludnya doyong, karena jalan pinggir yang sering dilewati," terang Supriyadi.