Jangan Buat Kerumunan di Surabaya di Malam Tahun Baru Bila Tak Ingin Dibubarkan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 16:02 WIB
Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan ditutup
Penutupan jalan di Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Kerumunan yang timbul di malam tahun baru akan diimbau untuk bubar. Kerumunan akan dikawal hingga benar-benar bubar.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra mengatakan jika nantinya ditemukan konvoi kendaraan, maka konvoi tersebut akan diimbau untuk bubar dan dikawal hingga kembali ke tempat masing-masing. Bila konvoi berasal dari luar kota, maka akan diputar balik dan dikawal hingga keluar Surabaya.

"Tentunya kita mengedepankan preventifnya, terus persuasif. Kita arahkan kembali, kalau perlu kita kawal kembali keluar Kota Surabaya. Di batas Kota kan ada penjagaan, ada Pos Pam ada pengaturan. Terutama yang konvoi kita imbau untuk kembali," ujar Teddy.

Teddy mengatakan pihaknya akan melakukan penindakan tegas jika ditemukan kendaraan yang mengunakan knalpot tidak standar alias brong. Teddy juga tak menoleransi soal helm dan perlengkapan kendaraan.

"Knalpot brong, kita sita, kita tindak. Karena itu sudah menjadi atensi. Kita sudah melakukan sosialisasi, termasuk mendatangi bengkel-bengkel dan yang menjual sudah kita datangi semua," Teddy.

Teddy menjelaskan ada sekitar 350 personel Lantas yang akan melakukan pengamanan tahun baru di Surabaya. Ratusan personel tersebut pada saat malam pergantian tahun akan bergerak mulai dari perbatasan hingga ke pusat Kota.

"Nanti akan mobile mulai dari batas kota, dalam kota, situasional. Di mana ada situasional yang crowded," tandas Teddy. (iwd/iwd)