Sejumlah Jalan di Surabaya Ditutup di Malam Tahun Baru

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 15:31 WIB
Jalan tunjungan ditutup
Sejumlah jalan di Surabaya ditutup selama malam tahun baru (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Selain penyekatan di batas kota, sejumlah jalan di dalam Kota Surabaya akan ditutup (physichal distancing) selama malam tahun baru. Physical distancing dilakukan pada pukul 21.00 WIB dan dibuka kembali pada 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

"Kita akan melakukan physical distancing, penutupan beberapa ruas jalan. Yang jelas di Jalan Tunjungan, Darmo, dan ada tambahan lagi, mungkin Kertajaya, Mayjen Sungkono. Kita matangkan beberapa titik. Masih bisa bertambah, kita matangkan. Physical distancing sejak 31 Desember pukul 21.00 WIB buka 1 Januari 2022 pagi jam 06.00 WIB," ujar Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto, Jumat (31/12/2021).

Eddy mengatakan penutupan beberapa ruas jalan ini dilakukan agar masyarakat membatasi mobilitas untuk keluar dan datang ke Kota Surabaya. Warga diimbau melakukan aktivitas di rumah saja untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, polisi akan melakukan pembatasan mobilisasi masyarakat di dalam kota Surabaya. Tiga pola ring pengamanan disiapkan.

"Ring 3, pembatasan mobilisasi masuk ke Kota Surabaya. Baik dari Sidoarjo, Gresik, titik kecil yang masuk Kota Surabaya, maupun dari Wilayah Madura. Kemudian ring 2, terkait masuk ring utama masuk pusat kota itu akan kita lakukan pembatasan. Baik dari arah Bonbin (Kebun Binatang Surabaya) itu kita lakukan pembatasan," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

Sedangkan ring 1 atau pusat kota. Pembatasan juga dilakukan pembatasan mulai di Jalan Kertajaya, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Pemuda, Jalan Tunjungan, Jalan Mayjen Sungkono. Pembatasan akan di mulai pada pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Di titik utama, di titik keramaian seperti di Kertajaya, di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Pemuda semua akan kita lakukan pembatasan. Tetap pukul 22.00 WIB kita closing. Sehingga masyarakat mohon informasi ini di pahami, sehingga masyarakat bisa menyesuaikan kegiatan dari pada malam tahun baru itu sendiri," ujar Yusep.

"Dan kita sepakat menjaga Kota Surabaya untuk aman dari COVID-19 dan aman dari kriminalitas di Kota Surabaya ini," kata Yusep. (iwd/iwd)