Kaleidoskop 2021

Muncul Perkumpulan Dukun Banyuwangi Gelar Festival Santet-Catut Nama Gus Miftah

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 16:27 WIB
Disbudpar Banyuwangi Bakal Klarifikasi Perdunu
Perdunu Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Sejumlah orang yang mengaku sebagai dukun atau paranormal mendeklarasikan diri dalam sebuah perkumpulan atau wadah. Mereka menamakan perkumpulan itu dengan Perdunu (Persatuan Dukun Nusantara).

Deklarasi digelar di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Rabu (3/2/2021). Kegiatan digelar dengan pengenalan logo, pembentukan pengurus hingga pemotongan Tumpeng sebagai ucapan syukur. Kegiatan deklarasi dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Umum Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan mengatakan, Perdunu lahir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Selama ini, banyak yang tahu untuk membicarakan masalah dukun. Sehingga, niat baik dari para dukun atau paranormal ini diharapkan bisa memberikan solusi nyata bagi masyarakat.

"Memang selama ini kan tabu dibicarakan. Makanya kita publikasikan kepada masyarakat bahwa ada perkumpulan ahli spiritual di Banyuwangi," ujarnya kepada wartawan seusai deklarasi.

Menurutnya, saat ini sudah banyak yang bergabung dalam Perdunu. Mereka kebanyakan adalah ahli spiritual yang membidangi segala macam keahlian.

"Kita segmentasikan keahlian dukun yang ada. Misal pengobatan dari medis hingga non medis. Ada pula tentang psikologis, dari yang logis dan non logis. Bisa seperti penglaris hingga jabatan itu ada segmentasinya," tambahnya.

Dalam program kerja perkumpulan dukun atau paranormal ini, bakal menggelar Festival Santet dan mengenakan destinasi mistis di Banyuwangi.

"Program kerja kita paling dekat adalah doa bersama dan kegiatan pengobatan gratis. Semoga bisa terlaksana dengan baik," tambahnya.

Festival ini akan menjelaskan tentang ilmu-ilmu spiritual yang masih ada di Banyuwangi. Tak hanya itu, mereka juga akan dikenakan dengan destinasi mistis di Banyuwangi. Di antaranya, Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga di Kecamatan Glenmore.

"Kita akan menggelar Festival Santet. Banyak macam yang akan kita gelar di festival itu. Nanti bagaimana pengenalan orang terkena santet atau sihir. Dan juga kita kenalkan destinasi mistis di Banyuwangi. Ada 3 kalau ndak salah tadi usulannya. Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga," tandasnya.