Cikal Bakal Sebutan Jalan Misteri di Kelud Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 15:54 WIB
Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.
Jalan Misteri di Kelud Kediri/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri - Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud Kediri, di mana kendaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati. Sejak kapan jalan itu disebut Jalan Misteri?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo. Menurutnya, gapura Jalan Misteri sudah lama berdiri. Sejak kawasan Gunung Kelud dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan.

"Adanya penetapan Jalan Misteri adalah sejak Gunung Kelud dikembangkan menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Kediri," kata Adi kepada detikcom, Kamis (30/12/2021).

"Hal tersebut karena adanya suatu misteri di mana kendaraan mobil, motor atau botol air bisa berjalan sendiri meski mesin mobil dimatikan," imbuhnya.

Jalan Misteri itu berada sekitar 4 kilometer dari pintu masuk wisata Kelud, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Jalan Misteri memiliki panjang sekitar 100 Meter.

Agar menjadi perhatian para pengendara, jalan tersebut ditandai dengan gapura. Lalu beberapa badan jalan diberi garis-garis putih.

Jalan tersebut tampak menanjak. Namun anehnya, motor dan mobil bisa menanjak sendiri dalam kondisi mesin mati.

detikcom juga membuktikannya dengan botol air mineral. Saat ditaruh, botol tersebut justru menggelinding ke jalan yang menanjak, bukan ke jalan yang menurun. (sun/bdh)