Warga Bisa Kunjungi Rumah Dinas Bupati Ponorogo yang Jadi Museum Temporary

Charoline Pebrianti - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 14:54 WIB
Bupati Giri saat melihat salah satu koleksi museum temporary
Bupati Giri saat melihat salah satu koleksi museum temporary (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Rumah Dinas Bupati Ponorogo, Pringgitan, kini diisi replika artefak dari Museum Gubug Wayang, Mojokerto. Ada 14 koleksi yang dipamerkan. Warga pun bisa melihatnya.

Koleksi tersebut adalah satu miniatur patung Panglima Gajah Mada, satu miniatur candi, dan 12 miniatur wanita Majapahit.

"Ini koleksi dari abad 14, ada beberapa model rambut wanita di era Kerajaan Majapahit," tutur Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Giri menambahkan replika artefak yang ada di rumah dinas ini merupakan museum temporary. Ini untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap museum.

"Kami sambil menghegemoni minat para pemangku kepentingan, ASN dan rakyat Ponorogo. Bahwa kami akan menghadirkan museum itu agak serius," terang Giri.

Menurut Giri, ini merupakan bentuk prototype sebelum dibangun museum di Kecamatan Sampung. Masyarakat pun secara bebas diperbolehkan melihat koleksi replika ini di Rumah Dinas Pringgitan.

"Sudah kami mulai dengan beberapa koleksi, kami undang dari museum Gubug wayang, ada beberapa model rambut wanita jaman Majapahit ketika era itu," imbuh Giri.

Menurut Giri, dirinya ingin menarik benang merah dari jaman Bhre Wengke hingga Brawijaya V sampai ke Ponorogo. Serta hubungan Ponorogo dengan Solo, Yogyakarta dan Pangeran Diponegoro.

"Sehingga kelahiran Ponorogo akan ada dari tahun ke tahun dari masa ke masa itu akan ada, anak cucu kelak tidak tertipu dengan literasi yang tidak jelas," papar Giri.

Giri menegaskan sudah mengganggarkan pembangunan monumen lengkap dengan museum di bawahnya yang akan berlokasi di Sampung. Di dalamnya nanti akan berisi wahana budaya, pertanian, kesenian, batik, pendidikan serta sejarah detail tentang Ponorogo.

"Maka kami ingin menempatkan literasi menjadi sesuatu yang penting, museum ini tempatnya, menceritakan bagaimana Ponorogo dengan literatur yang baik," kata Giri.

Selain di Rumah Dinas Pringgitan, lanjut Giri, nantinya dirinya juga akan melakukan temporary museum di Kantor DPRD, Kantor Bupati hingga Kantor Lantai 8. Bahkan juga di sekolah-sekolah yang berada di kota.

"Boleh monggo datang terutama untuk anak-anak didik kami," pungkas Giri.

Lihat juga video 'Cikini Walking Tour, Sensasi Jelajahi Museum hingga Kuliner Jadul':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)