Soal Proyek Jembatan Ambruk, Bupati Ponorogo Sebut Tak Akan Pernah Kompromi

Charolin Pebrianti - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 16:43 WIB
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko
Bupati Ponorogo Sugiri (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo - Proyek pembangunan pondasi jembatan Mijil, Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, menewaskan dua orang. Kini Pemkab Ponorogo lebih selektif memilih dan memilah pemenang lelang kontrak proyek.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko pun menegaskan dirinya tidak akan membiarkan proyek yang menggunakan anggaran negara berkualitas jelek. Semuanya harus berkualitas bagus demi kenyamanan masyarakat.

"Kalau soal kualitas, saya tidak akan pernah kompromi. Apalagi ini menggunakan uang negara, ketika kualitas jelek dan membuat tidak baik kami tidak akan pernah kompromi," tutur Sugiri kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Sugiri menambahkan pihaknya masih bisa berkompromi soal perpanjangan waktu. Namun soal kualitas pihaknya akan tegas. Karena ingin memberikan kualitas baik bagi masyarakat.

"Maka harus ada pendalaman dan ditemukan apa penyebabnya, penegak hukum harus tegas," terang Giri.

Disinggung jika ke depan ditemukan proyek yang bermasalah, Giri bakal menindak tegas kontraktor yang bermasalah. Dia pun bakal melihat secara langsung proses pengerjaan agar berkualitas.

"Karena kami menyadari dana kami mepet, maka kalau tidak berkualitas maka rakyat yang akan rugi. Penegak hukum mengawasi, kontraktor harus hebat," imbuh Giri.

Giri mencontohkan pengerjaan trotoar yang sedang digarap pun tidak luput dari pengawasannya. Jika tak sesuai dengan kualitas yang diinginkan, maka Berita Acara Serah Terima (BAST) hasil pekerjaan akan ditolak.

"Misal trotoar tak pukul ternyata tok tok, wah kurang trep. Saya akan tolak BASTnya," pungkas Giri.

(fat/fat)