Sejumlah Jalan di Surabaya Akan Ditutup dan Disekat Saat Malam Tahun Baru

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 22:41 WIB
Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto
Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya - Sejumlah ruas jalan di Surabaya akan ditutup pada malam tahun baru, Jumat (31/12) pukul 21.00 WIB. Selain itu, juga ada penyekatan di pintu masuk Surabaya.

"Bersama Polrestabes Surabaya, Kasat Lantas kita akan melakukan physical distancing, penutupan beberapa ruas jalan. Yang jelas di Jalan Tunjungan, Darmo, dan ada tambahan lagi, mungkin Kertajaya, Mayjen Sungkono. Kita matangkan beberapa titik. Masih bisa bertambah, kita matangkan," kata Ketua Satpol PP Surabaya, Eddy Christijanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (23/12/2021).

"Physical distancing sejak 31 Desember 21.00 WIB buka 1 Januari 2022 pagi jam 06.00 WIB," tambahnya.

Eddy mengatakan, penutupan beberapa ruas jalan ini agar masyarakat membatasi mobilitas untuk keluar dan datang ke Kota Surabaya. Warga diimbau melakukan aktivitas di rumah.

Selain penutupan beberapa ruas jalan, lanjut Eddy, juga dilakukan penyekatan di beberapa titik. Titik lokasi penyekatan pun tak jauh berbeda saat PPKM Level 3.

"Bersama Polrestabes juga, kita akan melakukan penutupan di titik masuk di Kota Surabaya. Ada di Merr, Pondok Candra, Waru, Karangpilang, Lakarsantri, Pakal Benowo, Tambak Osowilangun, termasuk Suramadu," sebutnya.

Penyekatan di pintu masuk Kota Surabaya hanya akan dilakukan pada 31 Desember 2021. Mulai pukul 17.00 WIB sudah dilakukan filterisasi, untuk teknisnya akan dilakukan bersama Polrestabes Surabaya.

"Jadi, jika bukan warga Surabya agar tidak masuk Kota Surabaya, karena Surabaya tidak ada kegiatan tahun baru, tidak ada event, RHU tutup semua. Kecuali mereka yang lagi bertugas, misal shift malam boleh masuk membawa surat tugas. Termasuk nakes RS mau masuk silakan," jelasnya.

Pada malam tahun baru, yang dikecualikan buka adalah apotek, klinik, dan RS. Pasalnya, fasilitas kesehatan ini berhubungan dengan kedaruratan, maka diperbolehkan buka.

"Kami mohon bantuan untuk semua pengusaha khususnya, bantu kita di malam tahun baru 21.00 WIB tutup. Warga kota surabaya cukup di rumah. Merayakan di rumah bersama keluarga," pungkas Eddy. (iwd/iwd)