Gonzales, Kakak Dumbo Diduga Juga Terserang Virus Herpes

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 17:18 WIB
Dumbo, gajah koleksi KBS mati
Dumbo, gajah koleksi KBS yang mati diduga karena virus herpes (Foto: Dok. Humas KBS)
Surabaya - Virus herpes diduga menjadi sebab kematian Dumbo, gajah koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS). Virus ini ternyata juga menyerang Gonzales, kakak Dumbo.

"Gonzales (kakak Dumbo) saat ini ada penyakit juga yang diduga sama," ujar Praktisi Satwa Liar Tenaga Pakar Asosiasi Dokter Hewan Satwa Liar, Eksotik, dan Aquatik, drh. Wisnu Pradana kepada detikcom, Rabu (22/12/2021).

Wisnu mengatakan Gonzales saat ini tengah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Gozales saat ini sedang dinfus.

Wisnu menjelaskan elephant herpesvirus terjadi di Indonesia pertama kali tahun 2010. Ketika itu gajah-gajah di waykambas juga terdeteksi virus mematikan tersebut.

"2010 lalu pernah terjadi di Waykambas. Dan ini masuk ke Surabaya," ungkap Wisnu.

Oleh karena itu, ia meminta kepada lembaga konservasi untuk memperhatikan kondisi dan kandang gajah. Karena bisa jadi virus tersebut juga bisa dibawa oleh manusia.

"Ini yang perlu diperhatikan kondisi fisiknya dan juga kandang gajah," tandas Wisnu

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) bersama Praktisi Satwa Liar Tenaga Pakar Asosiasi Dokter Hewan Satwa Liar, Eksotik, dan Aquatik meninjau KBS pada Senin (20/12). Hal ini untuk melakukan pengecekan terkait kematian gajah. Juga dilakukan pengecekan di sekitar kandang untuk memastikan kelayakannya.

Dumbo sendiri merupakan anakan kedua dari induk Gajah Sumatera bernama Lembang (49) dengan gajah jantan bernama Doa (54). Dumbo lahir secara normal, dengan berat 112 kilogram dan tinggi badan 88 sentimeter dengan lingkar dada 118 sentimeter pada medio 2019.

Nama Dumbo diberikan oleh Tri Rismaharini saat menjadi Wali Kota Surabaya. Dumbo merupakan adik dari Gonzales dari hasil perkawinan indukan yang sama dengan Dumbo. (hil/iwd)