Tak Ada Hari Ibu Tanpa Lagu Bunda Sejak 1997

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 12:25 WIB
Hari ini merupakan Hari Ibu. Sudahkah Anda mendengar atau memutar lagu dari band Potret yang berjudul Bunda?
Radio/Foto: Suki/detikcom
Surabaya - Hari ini merupakan Hari Ibu. Sudahkah Anda mendengar atau memutar lagu dari band Potret yang berjudul Bunda?

Ya, lagu tersebut merupakan tembang yang paling identik dengan Hari Ibu. Lagu yang paling sering terdengar dalam perayaan Hari Ibu. Ibu yang penuh kasih dan baik hati.

Tadi, sekitar pukul 10.35 WIB, salah satu radio di Surabaya pun memutar lagu tersebut. Sang penyiar kemudian mengajak para pendengar untuk memaknai lagu tersebut.

"Kata mereka diriku selalu dimanja. Kata mereka diriku selalu ditimang," berikut sepenggal lirik Lagu Bunda yang didengar detikcom, Rabu (22/12/2021).

Demam Lagu Bunda juga dirasakan di sebuah kantor di Surabaya. Seorang karyawati bernama Icha memutar lagu tersebut sejak pukul 10.43 WIB hingga saat ini.

Ia teringat dengan sosok sang ibu yang telah berpulang pada 1 Desember 2019. Sambil mendengarkan Lagu Bunda, sesekali dia mengusap air yang membasahi matanya.

Kemudian ia membuka galeri di smartphone-nya. Ia membuka kenangan-kenangan bersama ibunda tercinta. Lalu seketika bergumam, merapal doa-doa.

"Sebentar ya, aku lagi seperti ini (Ingin menangis). Sudah Nggak punya ibu, hanya ada ibu mertua," kata Icha kepada detikcom.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Sementara Lagu Bunda masuk di Album Potret II. Itu merupakan album studio kedua karya Potret yang dirilis pada tahun 1997. (sun/bdh)