BMKG Mutakhirkan Gempa Jember Jadi Magnitudo 5

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 09:49 WIB
Gempa Jember Magnitudo 5.1
Foto: Istimewa (Dok BMKG)
Jember -

Warga Jember dikagetkan dengan guncangan gempa bermagnitudo 5.1. Gempa Jember ini terjadi sekitar pukul 06:01:33 WIB dan berpusat di laut dengan kedalaman 26 kilometer.

Berikut 5 fakta gempa terkini di Jember yang dihimpun detikcom :

1. Gempa Dimutakhirkan jadi Magnitudo 5.0

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan episenter gempa ini terjadi di koordinat 8,55° LS dan 113,48° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah Barat Daya Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 26 km.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0," kata Bambang dalam keterangannya yang diterima detikcom di Surabaya, Kamis (16/12/2021).

2. Getaran Gempa Dirasakan di Sejumlah Kabupaten/Kota

Gempa Jember Magnitudo 5.1 dirasakan warga Banyuwangi. Aktivitas masyarakat sempat terhenti, karena warga kaget dengan getaran gempa tersebut. Warga Banyuwangi sempat lari keluar rumah karena getaran gempa terasa sekali. Dia mengaku kaget atas guncangan gempa tadi.

"Iya tadi kerasa sekali, saya keluar rumah lari," kata Dana, warga Pengantigan, Banyuwangi, Kamis (16/12/2021).

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan guncangan gempa bumi dirasakan di sejumlah wilayah lain.

Misalnya di daerah Puger, Jember dirasakan V MMI atau getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun. Lalu di Jember termasuk IV MMI atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sedangkan di Denpasar, Kuta, Legian masuk dalam III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Banyuwangi II hingga III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu dan Jimbaran, Karangkates, Lumajang, Bondowoso II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," papar Bambang.

Simak juga 'BMKG Beberkan Dampak Siklon Tropis Rai di Wilayah Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]