Pemicu Gempa Jember karena Aktivitas Sesar Aktif di Dasar Laut

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 09:12 WIB
Gempa M 5.1 yang Guncang Jember
Foto: Istimewa (Dok BMKG)
Surabaya - Gempamagnitudo 5.1 mengguncang Jember. Gempa yang terjadi sekitar pukul 06:01:33 WIB ini berpusat di laut dengan kedalaman 26 Km.

Sedangkan titik gempa berada di 8.55 Lintang Selatan, 113.49 Bujur Timur atau 42 KM Barat Daya Jember Jawa Timur.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan gempa ini dipicu aktivitas sesar aktif di dasar laut.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dalam lempeng atau intraplate earthquake yang dipicu aktivitas sesar aktif di dasar laut," kata Bambang dalam keterangannya yang diterima detikcom di Surabaya, Kamis (16/12/2021).

Bambang mengatakan gempa bumi ini memiliki pergerakan sesar naik atau thrust fault.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki pergerakan sesar naik atau thrust fault," imbuhnya.

Hingga pukul 06.18 WIB, Bambang menyebut hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Kendati demikian, Bambang mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Masyarakat juga diimbau menghindari bangunan yang rusak karena Gempa Jember.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pesannya

Simak juga 'PVMBG Ungkap Penyebab Gempa M 7,4 di Laut Flores!':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)