Round-Up

FPI Hadirkan Habib Rizieq di Tengah Bencana Semeru Lewat Kibaran Bendera

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 09:21 WIB
FPI Kibarkan Bendera Habib Rizieq di Semeru
Bendera berkibar di tengah erupsi Semeru (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

Bendera bergambar mantan pimpinan FPI, Habib Muhammad Rizieq Shihab berkibar di pohon yang masih berdiri di lahan bekas erupsi Gunung Semeru. Video ini viral di media sosial.

Ternyata, video ini dikibarkan relawan Hilal Merah Indonesia Front Persaudaraan Islam (HILMI FPI) dan simpatisan. Koordinator relawan HILMI FPI Gresik untuk erupsi Semeru, Habib Alwi Baraqbah membenarkan jika bendera dikibarkan di Semeru.

Kepada detikcom, Alwi menceritakan jika Hilmi FPI mengirim sejumlah relawan tanggap bencana ke Semeru. Saat itu, ada sejumlah relawan yang inisiatif mengibarkan bendera.

Alwi mengaku mengetahui aksi tersebut. Namun, dirinya tidak turut dalam aksi karena berada di pos yang berbeda dengan relawan yang mengibarkan bendera.

"Itu tim dari FPI, kita satu tim cuma beda posko saja. Enggak (ikut) kebetulan itu di posko dua. Saya di posko utama," kata Alwi saat dihubungi detikcom di Surabaya, Senin (13/12/2021).

Tak hanya itu, Alwi mengatakan ada sejumlah simpatisan hingga massa alumni 212 yang juga ikut dalam pengibaran bendera tersebut.

"Intinya FPI berkolaborasi dengan beberapa organisasi. Jadi banyak organisasi merapat ke FPI. Kalau kejadian di situ saya lihat banyak simpatisan juga. Kemarin selama kita di Lumajang, guidenya kebanyakan orang Lumajang ya dari FPI," imbuhnya.

Dalam aksi kemanusiaan, Alwi mengatakan DPW FPI mengirim sejumlah relawan tanggap bencana ke Semeru. Saat itu, diakuinya ada sejumlah relawan yang inisiatif mengibarkan bendera.

Pengibaran bendera ini, tak lain untuk menunjukkan ke masyarakat jika Habib Rizieq hadir di tengah situasi bencana, melalui komandonya dalam pengiriman bantuan dan relawan.

"Saat ini Habib Muhammad Rizieq Shihab lagi didzalimi. Apalagi di media sosial banyak opini-opini yang membuat seolah-olah Habib Muhammad Rizieq Shihab itu merugikan bagi bangsa ini," papar Alwi.

Simak juga 'Khusus Pejabat, Usai dari Luar Negeri Boleh Karantina Mandiri':

[Gambas:Video 20detik]