Ini Alasan FPI Kibarkan Bendera Habib Rizieq di Pohon Lokasi Erupsi Semeru

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 13 Des 2021 16:00 WIB
FPI Kibarkan Bendera Habib Rizieq di Semeru
Bendera HRS berkibar di tengah erupsi (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

Sejumlah simpatisan mengibarkan bendera bergambar mantan pemimpin FPI, Habib Muhammad Rizieq Shihab. Pengibaran bendera ini dilakukan di sebuah pohon yang berdiri lahan bekas erupsi Gunung Semeru.

Koordinator relawan Hilal Merah Indonesia (HILMI) Front Persaudaraan Islam (FPI) Gresik, Habib Alwi Baraqbah mengatakan pihaknya mengirim sejumlah relawan tanggap bencana ke Semeru. Saat itu, diakui ada sejumlah relawan yang inisiatif mengibarkan bendera.

Alwi mengaku mengetahui aksi tersebut. Namun, dirinya tidak turut dalam aksi karena berada di pos yang berbeda dengan relawan yang mengibarkan bendera.

Pengibaran bendera ini, tak lain untuk menunjukkan ke masyarakat jika Habib Rizieq hadir di tengah situasi bencana, melalui komandonya dalam pengiriman bantuan dan relawan.

"Saat ini Habib Muhammad Rizieq Shihab lagi didzalimi. Apalagi di media sosial banyak opini-opini yang membuat seolah-olah Habib Muhammad Rizieq Shihab itu merugikan bagi bangsa ini," papar Alwi saat dihubungi detikcom di Surabaya, Senin (13/12/2021).

"Ternyata kan faktanya enggak kan, faktanya justru dalam komando Imam besar, umat yang berguru pada beliau justru melayani umat di Indonesia, jadi pelayan kita untuk umat, jadi pelindung," imbuhnya.

Alwi menambahkan Habib Rizieq dalam komandonya ingin FPI terdepan untuk aksi kemanusiaan. Bendera ini, lanjut Alwi, juga untuk menampik opini fitnah yang menyebar soal HRS.

"Kita jadi yang terdepan dalam kegiatan aksi kemanusiaan. Kita mau menunjukkan bahwa opini yang berkembang tentang fitnah terhadap Habib Muhammad Rizieq Shihab itu salah," tegas Alwi.

"Mungkin mereka-mereka ingin menunjukkan bahwa ini loh Habib Muhammad Rizieq ada, terdepan dalam visi kemanusiaan untuk bangsa ini," tambahnya.

Bahkan, HRS juga selalu memerintahkan pengikutnya untuk mengutamakan kegiatan kemanusiaan. Alwi menyebut hal ini bisa dilihat dari hadirnya relawan dari sejumlah DPW FPI di Indonesia dalam penanganan bencana.

"Iya perintah tegas HRS selalu mengutamakan apapun kegiatan kita di luar dari pada aksi kemanusiaan, yang menjadi prioritas itu adalah aksi kemanusiaan. Semua kegiatan lain disuruh ninggalin kalau ada bencana, ini menjadi suatu keharusan, nomor satu," tambahnya.

Simak Video: BNPB Siapkan Lahan Relokasi Dampak Korban Erupsi Gunung Semeru

[Gambas:Video 20detik]