Sidang Anak Kiai di Jombang Gugat Kapolda Jatim, 2 Santri Bersaksi

Sidang Anak Kiai di Jombang Gugat Kapolda Jatim, 2 Santri Bersaksi

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 13 Des 2021 16:39 WIB
Sidang anak kiai di Jombang, MSAT yang menggugat Kapolda Jatim kembali digelar. Kali ini, sidang digelar dengan agenda pemeriksaan sejumlah saksi.
Sidang anak kiai di Jombang menggugat Kapolda Jatim, dengan agenda pemeriksaan saksi/Foto: Amir Baihaqi/detikcom

Untuk mengetahui korban pemerkosaan, lanjut dr Ngesti, hal itu bisa dilihat dari pemeriksaan selaput dara korban yang luka. Meski demikian, luka di selaput dara belum pasti merupakan akibat perkosaan.

"Jadi dari segi perkosaan itu adanya tanda-tanda persetubuhan dan kedua adanya kekerasan. Tapi kalau suka sama suka tak ada tanda-tanda kekerasan. Dan itu bisa diketahui dari hasil visum," papar dr Ngesti.

Sebelumnya, MSAT menggugat Kapolda Jatim. MSAT merupakan tersangka kasus dugaan pencabulan terhadap santriwati. Gugatan dilayangkan karena penyidikan dan penetapan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana pemerkosaan atau pencabulan kepada dirinya, dinilai tidak sah.

Seperti yang tertera di situs sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Surabaya, gugatan tersebut terdaftar dalam nomor 35/Pid.Pra/2021/PN Sby tertanggal 23 November 2021. Adapun pemohon yakni MSAT, sedangkan termohon adalah Kapolda Jatim.


(sun/bdh)