Polresta Malang Kota kembali Raih Top 15 Inovasi Pelayanan Publik 2021

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 21:13 WIB
polresta malang kota
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Polresta Malang Kota meraih penghargaan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Panic Button On Hand (PBOH) menjadi salah satu inovasinya.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Kemenpan RB melalui Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta kepada Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto di Polda Jawa Timur. Selain piagam penghargaan, juga diserahkan Buku Top Inovasi Pelayanan Publik.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto menuturkan masa pandemi COVID-19 sekarang ini, terdapat peran penting Polri. Yaitu peran pengawasan, pencegahan serta percepatan vaksinasi.

Sejak pertama kali dikenalkan, kata Budi Hermanto, aplikasi tersebut sudah menerima ratusan panggilan dengan beragam pengaduan, seperti tindakan pengerusakan, pengeroyokan, pencurian, sampai keluhan terkait lalu lintas.

"Dalam aplikasi Panic Button On Hand (PBOH), Polresta Malang Kota juga memiliki fitur layanan COVID-19. Dengan bekerjasama dan melibatkan stakeholder terkait. Sejalan dengan Program Prioritas Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik Polri dan mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegras," kata Budi kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Aplikasi Panic Button On Hand diluncurkan pada tahun 2015, dan ditetapkan sebagai Top 35 Inovasi Terpuji pada tahun 2016. Aplikasi tersebut juga terintergrasi dengan aplikasi Jogo Malang.

"Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Playstore, agar masyarakat umum baik warga Kota Malang maupun masyarakat luar Kota Malang bisa segera mendapatkan pelayanan dari Polresta Malang Kota secara cepat," imbuhnya.

Budi Hermanto menegaskan, bahwa pihaknya hanya meneruskan program dan inovasi pejabat sebelumnya. sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Adanya aplikasi ini, sudah beberapa kali berhasil mengungkap aksi pencurian dan mendapatkan respon positif dari Kemenpan RB," terangnya.

Budi Hermanto mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan apresiasi dari Kemenpan RB dan Kapolri.

"Ke depannya, aplikasi ini akan lebih dikembangkan lagi. Bahkan bila perlu, adanya peningkatan kualitas dan penambahan menu layanan untuk memberikan pelayanan masyarakat secara optimal," pungkasnya. (iwd/iwd)