Capaian Vaksinasi Lansia di Kota Malang Baru 53 Ribu Orang, Ini Penyebabnya

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 10:55 WIB
Vaksinasi lansia di Kota Malang
Vaksinasi lansia Kota Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang - Vaksinasi lansia di Kota Malang baru mencapai 64 persen. Kondisi fisik serta penyakit penyerta (komorbid) disebut menjadi kendala percepatan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kora Malang dr Husnul Muarif menuturkan, target vaksinasi lansia di Kota Malang sebanyak 83 ribu orang. Sementara capaian vaksinasi per 24 Nopember 2021 baru sebanyak 53.584 lansia yang sudah tervaksin.

"Capaian vaksinasi lansia baru 53.584 orang atau 64.47 persen dari target kita sebanyak 83 ribu orang," ujar Husnul dikonfirmasi detikcom, Kamis (25/11/2021).

Husnul membeberkan capaian sebanyak 64.47 persen tersebut untuk vaksinasi dosis pertama, sementara dosis kedua telah tercapai 52.53 persen.

"Kendala percepatan vaksinasi untuk lansia adalah tidak lolos screening dan juga ada komorbid. Sehingga harus dilakukan penundaan," beber Husnul.

Menurut Husnul, komorbid yang banyak ditemukan terhadap lansia diantaranya darah tinggi serta kencing manis. Tenaga kesehatan harus memberikan pengobatan terlebih dahulu selama dilakukan penundaan.

"Penundaan sekitar dua minggu, dilakukan pengobatan dulu. Komorbid yang diderita oleh para lansia itu. Setelah proses pengobatan selesai, akan dilakukan screening kembali untuk bisa dilakukan vaksinasi," tutur Husnul.

Untuk mengejar target vaksinasi lansia, dilakukan serbuan vaksinasi door to door oleh Polresta Malang Kota bersama Dinas Kesehatan Kota Malang.

Dalam kesempatan itu, Husnul turut menjelaskan capaian vaksinasi untuk masyarakat umum, dosis pertama telah mencapai 97.45 persen, dan dosis kedua sebanyak 84.58 persen.

"Untuk dosis ketiga bagi nakes (tenaga kesehatan) sudah 99 persen. Nantinya semua harus memenuhi target yakni 100 persen dengan membuka ruang vaksinasi di faskes (fasilitas kesehatan) di seluruh wilayah Kota Malang," pungkas Husnul. (fat/fat)