Meski PPKM Serentak Batal, Warga Surabaya Diimbau Tak Lebay Rayakan Nataru

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 22:33 WIB
PPKM level 3 Nataru dibatalkan. Meski begitu, Polrestabes Surabaya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan Nataru secara berlebihan.
Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Selain ibadah Natal, perayaan malam Tahun Baru 2021-2022 juga bakal disorot petugas. Yusep menegaskan tidak akan memberikan izin keramaian pada kegiatan yang sifatnya mengumpulkan masyarakat banyak di sebuah lokasi.

"Tidak ada izin yang akan dikeluarkan oleh kepolisian terkait kegiatan apapun di malam pergantian tahun. Kami juga akan melakukan patroli mengurai kemungkinan kerumunan masyarakat. Jika pun ada kegiatan, itu sifatnya tidak masif, tidak bergeser dari satu kecamatan ke kecamatan lain. Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah kota dan TNI di tingkat desa atau kecamatan," lanjut Yusep.

Yusep mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan, saat malam pergantian tahun. Hal itu mengantisipasi transmisi gelombang keempat COVID-19 varian Omicron yang juga membahayakan.

"Kami imbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Capaian vaksinasi kita sudah baik. Ekonomi juga mulai berjalan. Jangan sampai ada lonjakan kasus karena kelalaian. Capaian Surabaya level 1 ini tentu tidak bisa terwujud tanpa bantuan dari semua elemen terutama kesadaran masyarakat," pungkas Yusep.


(sun/bdh)