Banjir Lahar Dingin Semeru Kembali Terjadi di Kamar Kajang, Rumah Tertimbun

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 11:44 WIB
Banjir lahar dingin kembali terjadi di Bukit Gladak Perak Gunung Semeru, pada Selasa (7/12) malam. Warga baru tahu pagi ini.
Rumah warga tertimbun material banjir lahar dingin/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya - Banjir lahar dingin kembali terjadi di Bukit Gladak Perak Gunung Semeru, pada Selasa (7/12) malam. Warga baru tahu pagi ini.

"Semalam kejadiannya. Paginya warga ngerti. Kalau malem ga berani nelusurin ke sana, karena lavanya panas. Posisi malem habis isya hujan memang," kata warga Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Salim saat dihubungi detikcom, Rabu (8/12/2021).

Akibat dari banjir lahar dingin tersebut, satu rumah warga tertimbun. Selain itu, juga ada pabrik singkong yang jebol.

Banjir lahar dingin itu meluber ke permukiman warga Dusun Kamar Kajang. Banjir lahar dingin juga sampai ke jalan raya.

"Lebihnya banjir mengenai jalan raya, sekarang dibersihkan sama aparat biar jalan normal lagi. Alirannya semalem sampai ke jalan raya. Aparat sudah siaga di sana, jalan bisa dibuat evakuasi," jelasnya.

Menurut Salim, banjir lahar dingin meluber ke permukiman warga karena ada tanggul yang jebol. "Intinya dari tanggul, kalau tanggul ditutup ga akan banjir terus. Kalau tanggul jebol, aliran mengalir ke tempat warga, tanggul ditutup aman, karena ada jalannya kalau banjir. Kalau ditutup aman," terangnya.

Untuk suara gemuruh seperti Hari Senin (6/12), Salim menyebut tidak ada. Kondisi Gunung Semeru pagi ini aman. Hanya terjadi banjir lahar dingin semalam.

"Nggak ada suara gemuruh, aman," pungkasnya.

Simak Video 'Pencarian Korban Erupsi Semeru Terkendala Hujan-Pasir Panas':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)