Tim SAR Tindak Lanjut Penemuan Potongan Kaki di Kampung Renteng Lumajang

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 19:33 WIB
Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian warga yang tertimbun abu vulkanik di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Petugas dikejutkan warga yang menemukan potongan kaki
Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Lumajang - Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian warga yang tertimbun abu vulkanik di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Petugas dikejutkan warga yang menemukan potongan kaki.

Pantauan detikcom sekitar pukul 13.30 WIB, petugas SAR gabungan didatangi oleh seorang pemuda bernama Soleh. Ia datang bersama sejumlah warga melapor ke petugas. Sebab, ia telah menemukan potongan telapak kaki.

Selanjutnya, petugas memasukkan potongan telapak kaki itu ke kantong jenazah. "Iya ditemukan di tanggul. Pas ketemu ada baunya," kata Soleh kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Setelah dipastikan potongan kaki, salah satu petugas dari TNI kemudian mengajak Soleh menunjukkan lokasi penemuannya. Sedangkan Tim SAR gabungan yang lain masih berada di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Korban erupsi Gunung Semeru yang ditemukan meninggal terus bertambah. Total korban yang telah dievakuasi ke RSUD Haryoto, Lumajang hingga Selasa (7/12) berjumlah 30 jenazah.

"Terkait dengan korban atau jenazah yang diterima 30 jenazah telah diterima tim DVI untuk diidentifikasi di RSUD Haryoto Lumajang," terang Kabag Penum Ropenmas Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Selasa (7/12/2021).

Sedangkan jenazah yang telah teridentifikasi, lanjut Ramadhan, tim disaster victim investigation (DVI) telah mengindentifikasi sebanyak 10 jenazah. Sedangkan 20 lainnya masih dalam proses identifikasi (sun/bdh)