Makam Panggung Konon Jadi Lokasi Gajah Mada Ucap Sumpah Palapa

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 08:19 WIB
gajah mada
Makam Panggung yang konon menjadi tempat Gajah Mada mengikrarkan Sumpah Palapa (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Makam Panggung di belakang Pendapa Agung Desa/Kecamatan Trowulan, Mojokerto diyakini sebagian orang menjadi tempat Mahapatih Gajah Mada mengikrarkan Sumpah Palapa untuk pertama kalinya. Benarkah?

Makam Panggung terletak persis di belakang Pendapa Agung Trowulan. Untuk mencapai tempat ini, harus melalui jalan sempit yang tidak muat dilalui mobil di sebelah utara komplek pendapa.

Juru Kunci Makam Panggung Suroto (39) mengatakan dirinya tidak tahu secara pasti bentuk bangunan kuno di dalamnya. Karena tempat ini sudah direnovasi beberapa kali sejak era kakeknya menjadi juru kunci tahun 1960-an.

"Awalnya hanya berupa struktur bata merah berbentuk persegi panjang, panjangnya 2 meter, lebarnya sekitar 1,5 meter, tapi tanpa batu nisan. Itu bukan makam, tapi makom atau petilasan," kata Suroto saat berbincang dengan detikcom di rumahnya, Selasa (7/12/2021).

Sejak 2004, bapak dua anak ini meneruskan pekerjaan ayahnya menjadi juru kunci Makam Panggung. Menurut cerita turun temurun yang ia yakini, bangunan yang kini di tengah makam umum Dusun Nglinguk, Desa Trowulan itu tempat Raden Wijaya menerima wangsit untuk mendirikan Kerajaan Majapahit.

"Pada zaman Majapahit bernama Sanggar Agung Songsong Bawono, tempat untuk menerima wahyu kenegaraan Eyang Prabu Raden Wijaya disuruh mendirikan Kerajaan Majapahit," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Suroto, Makam Panggung juga ia yakini menjadi tempat Gajah Mada pertama kali mengikrarkan Sumpah Palapa. Menurutnya, Mahapatih Majapahit itu semacam meminta restu dari Tuhan Yang Maha Kuasa sebelum mengikrarkan sumpah untuk menyatukan Nusantara itu di hadapan Ratu Tribhuwana Tunggadewi dan para menteri.

Simak juga 'Rencana Sandiaga Uno Kembangkan Desa Wisata Kampung Majapahit':

[Gambas:Video 20detik]