Bantuan Makanan Hingga Pakaian Digelontorkan untuk Pengungsi Semeru

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 22:41 WIB
pkb jatim
PKB Jatim beri bantuan ke warga Semeru (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

DPW PKB Jatim turut memberi bantuan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. PKB Jatim juga menginstruksikan seluruh kader di Lumajang untuk bergotong-royong membantu warga terdampak.

"PKB Jatim sudah berkoordinasi dengan kader-kader PKB di Lumajang, termasuk di antaranya saya langsung telpon Cak Thoriq (Bupati Lumajang) untuk mengkoordinasi bantuan tersebut," kata Fauzan Fuadi, Bendahara PKB Jatim, Minggu (5/12/2021).

Fauzan mengungkapkan PKB juga mendirikan posko guna mendata warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Beberapa langkah cepat langsung kami lakukan sejak Sabtu malam. Pertama kita koordinasi membuat posko darurat sementara, untuk melayani berbagai kebutuhan mulai dari informasi dan data," kata Fauzan.

"Kami juga beri bantuan-bantuan yang sifatnya materiil mulai dari makanan siap saji, selimut, tenda-tenda pengungsian yang aman dan layak, hingga berbagai kebutuhan tanggap bencana lainnya," sambungnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini juga menginstruksikan kader di Lumajang, untuk langsung turun lapangan dan siaga 24 jam membantu warga yang berada di pengungsian.

"Kader PKB di luar Lumajang di Jatim juga segera akan kami koordinir untuk turut peduli. Semalam saja kita bantingan setelah penutupan acara Bimtek di Jogja, alhamdulillah langsung terkumpul dana Rp 25 juta dan langsung kami kirim ke koordinator di Lumajang," bebernya.

Fauzan menambahkan, open donasi dari kader PKB di Jatim masih akan terus dilakukan, sehingga bantuan bisa terus bertambah.

"DPC PKB Lumajang dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq sudah membuka posko bantuan bernama 'Posko Peduli Semeru'. Bila ingin berkontribusi meringankan korban, bisa dikirimkan melalui rekening Bank Jatim 0092878716 atau bisa juga melalui kantor DPW PKB Jatim, dan kami yang akan menghantarkan," tandasnya.

Sejumlah bantuan dari PKB Jatim di antaranya donasi Rp 25 juta, pakaian anak-anak hingga orang dewasa sebanyak 5.000 pcs.

(iwd/iwd)