Risma Dirikan Tempat Pengungsian Terpadu Semeru dan Buka Dapur Umum

M Rofiq - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 20:10 WIB
semeru erupsi risma bikin lokasi pengungsian terpadu
Risma di lokasi pengungsian (Foto: M Rofiq)
Lumajang - Mensos Tri Rismaharini datang ke lokasi pengungsian warga terdampak Semeru. Risma membangun dapur umum dan memerintahkan agar lokasi pengungsian dijadikan satu dan terpadu .

Risma membuat pengungsian terpadu di lapangan Desa Penanggal. Di lapangan itu Risma mendirikan 10 tenda besar. Lapangan Desa Penanggal dipilih karena dianggap titik paling aman.

Warga Dusun Kajar Kuning, Curah Kobokan, dan Sumber Mujur yang mengungsi di balai desa dan rumah warga diminta untuk pindah ke lapangan Penanggal. Selain lebih tertata, pengawasan dan pemantauan kondisi pengungsi juga akan lebih mudah, baik kondisi kesehatan dan kebutuhan apapun.

"Di lapangan Penanggal juga akan dibangun dapur umum, dan bantuan sangat cukup berdatangan dari dermawan. Namun perlu kita tata agar kebutuhan para pengungsi bisa cukup hingga selesai erupsi Gunung Semeru" ujar Risma di lokasi pengungsian, Minggu (5/12/2021).

Risma mengatakan berdasarkan pihak SDM dan PVMBG, dimungkinkan akan ada muntahan awan panas lagi. Mengantisipasi itu, maka pengungsian terpadu dan terpusat akan lebih bermanfaat bagi warga.

"Kondisi alam kita semua tidak tahu ya. Saat koordinasi kita waspada ada muntahan awan panas guguran kembali dari Gunung Semeru. Kita bangun tenda pengungsian yang aman dan layak di lapangan Penanggal," tandas Risma. (iwd/iwd)