Viral Kawanan Bebek Tertabrak KA Saat Menyeberang Rel di Sidoarjo

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 14:33 WIB
Viral Puluhan Bebek Tertabrak Kereta Api
KA tabrak kawanan bebek/Foto: Istimewa (YouTube Pradhikta Transportation)
Surabaya -

Video puluhan bebek tertabrak kereta api (KA) viral di media sosial. Video berdurasi 2.41 menit ini bermula saat ratusan bebek yang dipandu peternaknya tengah menyeberang rel.

"Wah ada bebek, seru juga ini ada bebek," kata pria dalam video yang viral yang dilihat detikcom, Kamis (2/12/2021).

Tak berselang lama, ada kereta yang melintas. Para bebek itu langsung lari menjauhi rel. Pria yang merekam video tersebut juga panik.

"Awas pak ada kereta. Loh ada kereta rek, Ya Allah ada kereta, Astaghfirullah Astaghfirullah," tambah pria tersebut.

Namun naas, puluhan nyawa bebek tak terselamatkan. Bebek yang kurang beruntung itu tersambar kereta api. Ada bebek yang terlindas hingga ada yang sampai terbang usai tertabrak.

Momentum ini tak sengaja diabadikan salah satu railfans atau penggemar kereta api bernama Pradhikta Naufal Irfanda. Saat itu, Pradhikta tengah mendokumentasikan momen kereta api yang melintas.

"Saya railfans. Teman-teman railfans memiliki hobi untuk mendokumentasikan foto maupun video kereta api," kata Pradhikta kepada detikcom di Surabaya, Kamis (2/12/2021).

Pradhikta menyebut kejadian ini berlangsung pada Senin (29/11) pukul 06.58 WIB di kawasan Sepanjang Asri, Taman, Sidoarjo.

Dia mengaku lokasi tertabraknya bebek ini merupakan spot favoritnya dalam mengabadikan kereta api. Saat itu, dirinya juga hendak mengupdate proyek double track untuk ditayangkan di YouTubenya.

"Tempat saya mendokumentasikan saat itu adalah tempat yang sering menjadi spot hunting untuk saya, dan bertepatan waktu itu juga ada proyek double track Sepanjang-Mojokerto, saya mengupdate progres tersebut untuk dibagikan ke YouTube channel saya," ungkapnya

"Jadi tidak ada unsur kesengajaan sama sekali. Bisa dilihat dalam full video saya di channel "Pradhikta Transportation"," tambah Pradhikta.

Sementara saat ditanya berapa jumlah bebek yang tertabrak, Pradhikta mengaku tidak tahu. Dia mengatakan peternak bebek menyebut sekitar 30-an yang mati.

"Jumlah pastinya saya tidak tahu, tetapi saya dengar ada warga yang berteriak menanyakan berapa yang jadi korban kepada orang yang angon, bilang 30 bebek," pungkasnya.

(hil/fat)