Buruh Kembali Demo UMK Jatim, Grahadi Ditutupi Kawat Berduri-Dijaga Polisi/TNI

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 12:31 WIB
gedung grahadi
Gedung Grahadi ditutupi kawat berduri (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Buruh kembali akan melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Grahadi Surabaya hari ini terkait UMK tahun 2022. Untuk mengantisipasi, Grahadi dijaga ekstra ketat oleh Polisi dan TNI.

Dari pantauan detikcom, di depan Gedung Negara Grahadi masih ditutup oleh kawat berduri. Mobil rantis milik polisi pun ada di dalam dan luar Grahadi.

Banyak mobil polisi dan brimob terpantau ada di dalam Grahadi dan area Taman Apsari yang ada di seberangnya. Mereka bersiap siaga jika massa demo tiba.

Selaim itu, Grahadi juga dijaga oleh anggota TNI. Sebab, demo buruh hari ini dieprkirakan akan menjadi demo paling besar dengan massa 50 ribu orang. Karena hari ini akan diumumkan UMK Jatim.

Hingga pukul 12.15 WIB massa buruh belum terlihat di area Jalan Gubernur Suryo. Sebelum menuju ke Gedung Grahadi, buruh akan berkumpul dahulu di Bundaran Waru atau depan Cito Mal.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jatim, Ahmad Fauzi mengatakan karena hari ini belum mendapatkan jawaban, massa buruh akan kembali lagi hari ini dengan jumlah massa yang lebih banyak yakni 50 ribu orang untuk demo terakhir.

"Masih ada jawaban untuk hari ini, akan ada aksi serupa Insyaallah terakhir. Mudah-mudahan, hari ini Ibu Gubernur merenung dan nanti malam akan memutuskan, kurang lebihnya Selasa malam sebagai hari puncak tanggal 30 November Ibu Gubernur segera menandatanganinya," kata Fauzi.

"Hari ini insyaallah sweeping lagi. Jumlah massa kita hasil rapat Gesper estimasi ada 50 ribu orang," kata Wakil Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Jawa Timur (FSPMI Jatim), Nuruddin Hidayat.

(iwd/iwd)