Buruh di Jatim Tuntut UMK Layak: Skincare Mahal, Gak Good Looking, Gak Dihargai

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 17:32 WIB
Massa Demo Buruh Perempuan Jatim Minta Khofifah Naikkan UMK: Buat Modal Nikah
Massa buruh demo di depan Grahadi (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Ribuan buruh Jatim menggeruduk Gedung Negara Grahadi menuntut UMK layak. Massa dari serikat pekerja FSPMI dan SPSI Jatim terus berdatangan dan menutup Jalan Gubernur Suryo.

Aksi demo buruh sejak pukul 14.00 - 17.00 WIB masih berlangsung. Hingga pukul 17.00 WIB, aksi buruh dari daerah Ring-1 Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan) belum selesai. Mereka bergerak dari daerah masing-masing untuk bertemu di titik kumpul utama Bundaran Waru, Jalan A. Yani Surabaya pukul 12.00 WIB. Setelah itu, bergerak bersama menuju Gedung Negara Grahadi.

Berbagai macam poster dibentangkan. Isi poster-poster tersebut juga berbagai ucapan yang membuat senyum-senyum yang melihat. Tulisan-tulisan itu dibawa pendemo perempuan dari serikat pekerja FSPMI Jatim. Salah satunya berisi:

"Modal nikah hingga biaya skincare"," Sedang berjuang naikin gaji buat modal nikah sama kamu :(#Save buruh", "Skincare mahal, gak good looking, gak dihargai", "Bukan buruh murahan".

Massa Demo Buruh Perempuan Jatim Minta Khofifah Naikkan UMK: Buat Modal NikahBuruh Perempuan Jatim Minta Khofifah Naikkan UMK/ Foto: Esti Widiyana

Selain itu ada poster berisi: "Naikkan UMK biaya nikah mahal". Lalu, "Ibu Gubernur cukup cintaku yang kandas TOLONG GAJIKU JANGAN".

"Bu, bantu kami agar tidak sengsara. Naikkan gaji kamu, nikah butuh modal uang. Beli skincare juga mahal bu," teriak salah satu buruh perempuan.

"Ibu kuuu...nek gaji ga mundak, kapan rabiku. Camer njaluk duit akeh buat nikah (Ibuku...kalau gaji tidak naik kapan aku menikah. Camer minta uang banyak untuk menikah," teriak buruh lainnya.

Massa buruh yang melakukan aksi sekitar 25 ribu orang dari serikat butuh se-Jatim. "Serikat Pekerja/Serikat Buruh se Jawa Timur yang tergabung ke dalam aliansi Gerakan Serikat Pekerja) GASPER Jawa Timur kembali melakukan aksi demonstrasi. Aksi demonstrasi ini akan di pusatkan di Gedung Negara Grahadi dengan estimasi massa sebanyak 25 ribu orang," kata Jubir Gasper Jatim, Jazuli, Senin (29/11/2021).

Simak juga 'Ribuan Buruh di Surabaya Demo, Blokade Kawasan Darmo!':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)