Ribuan Buruh di Jatim Tolak UMK Murah, Jalan Darmo Surabaya Ditutup

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 16:06 WIB
Ribuan Buruh Kembali Datang, Jalan Darmo Ditutup dan Diponegoro Macet
Jalan Darmo diblokade ribuan buruh (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Ribuan buruh kembali berdatangan menuju Gedung Negara Grahadi dan kantor Gubernur Jatim. Melalui Jalan Wonokromo dan Darmo, kawasan tersebut mengalami macet panjang.

Pantauan di lokasi kemacetan sudah terasa di depan Mapolsek Wonokromo hingga Kebun Binatang Surabaya (KBS). Puluhan kendaraan harus mengantre memberikan jalan untuk massa.

Untuk memberi jalan massa buruh, polisi tampak menutup Jalan Darmo. Jalan tersebut ditutup mulai pukul 14.30 WIB. Sedangkan selain buruh, kendaraan dialihkan ke Jalan Diponegoro.

Massa buruh yang melintas tampak dari berbagai serikat buruh yang ada. Sambil membawa kendaraan roda dua, tampak di depan ada 3 truk yang berfungsi sebagai mobil komando.

Mereka berencana menuju kantor Gubernur Jatim dan Gedung Negara Grahadi.

"Ayo kita bergerak bersama-sama ke kantor gubernur. Kita menuntut bersama-sama agar gubernur segera menetapkan upah yang layak bagi kita," teriak salah satu buruh dari atas mobil komando, Senin (29/11/2021).

Meski massa buruh telah melewati Jalan Darmo, namun polisi masih menutup jalan tersebut. Akibatnya, kemacetan panjang tak terhindarkan terjadi di Jalan Diponegoro.

Sebelumnya, ribuan buruh mulai memadati depan Gedung Grahadi di Jalan Gubernur Suryo. Ribuan buruh menuntut kenaikan UMK tahun 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jatim. (fat/fat)