Rumah Megah Ini Bak Istana yang Instagramable, Tapi Kok Banyak Peziarah?

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 11:18 WIB
Rumah Megah Peninggalan Kyai Di Madiun Ini Jadi Wisata Religi Berbagai Agama
Rumah megah yang instagramable (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)

Pada tahun 2007, almarhum KH Aly Murshid meninggal di usia 70 tahun. Dia tidak memiliki istri dan anak. Sebelum meninggal, lanjut Jaenuri, almarhum berpesan agar jenazahnya dimakamkan di tanah dan rumahnya sendiri. Dia juga ingin rumahnya diwakafkan.

"Beliau memang tidak memiliki istri dan anak. Jadi sebelum meninggal berpesan agar jenazahnya dimakamkan di tanahnya sendiri. Serta kemudian mewakafkannya," kata Jaenuri.

Jaenuri mengisahkan, KH Aly Murshid mulai melakukan pembangunan rumah ini secara bertahap mulai tahun 1986.

Rumah Megah Peninggalan Kyai Di Madiun Ini Jadi Wisata Religi Berbagai AgamaRumah Megah bak istana di Madiun/ Foto: Sugeng Harianto

"Sebelum pandemi dulu ramai biasanya hari Jumat dan hari libur. Kalau saat ini agak sepi tapi ada saja pengunjung," sambungnya.

Pantauan detikcom, lokasi rumah kiai di Madiun ini berada di pinggir sawah. Dari jalan desa, bangunan ini sudah terlihat megah. Saat masuk, ada gerbang utama berwarna putih yang berdiri kokoh dengan lebar sekitar 7 meter dengan.

Bagian kanan dan kiri gapura, masing-masing ada enam tiang. Lalu, di atas gerbang terdapat dua patung harimau yang saling berhadapan. Selain itu, ada pula sebuah bola dunia yang berada di tengahnya.

Lihat juga video 'Rumah Mewah pada Masanya yang Kini Terbengkalai di Hutan Jati':

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)