Rumah Megah Ini Bak Istana yang Instagramable, Tapi Kok Banyak Peziarah?

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 11:18 WIB
Rumah Megah Peninggalan Kyai Di Madiun Ini Jadi Wisata Religi Berbagai Agama
Rumah megah yang instagramable (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Mengunjungi rumah ini bagaikan masuk ke istana megah. Mata dimanjakan arsitektur bangunan bertingkat dua dengan tiang menjulang yang kokoh, dipadu aksen bata berwarna krem yang menambah kesan mewah. Sangat instagramable dan nge-hits, tapi kok banyak peziarah?

Saat pertama menginjakkan kaki, ada gapura putih dengan tiang kokoh yang menyambut. Jalanan setapak terlihat rapi dengan tumbuhan hijau di kanan-kiri. Semakin masuk ke dalam, bangunan yang ada semakin membuat mata terperangah.

Di sebelah bangunan, ada pula sebuah kolam ikan, lengkap dengan jembatan dan tumbuhan hijau yang menambah asri suasana. Ternyata, bangunan megah ini merupakan peninggalan almarhum KH Aly Murshid. Bangunan yang ada di Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Madiun, ini tengah ramai menjadi jujugan warga berwisata religi.

Kompleks 'istana' megah ini dibangun di tanah seluas sekitar 2.000 meter persegi. Lokasinya cukup strategis, yakni hanya berjarak sekitar 1 KM dari utara Gedung DPRD Kabupaten Madiun.

Kepala Desa (Kades) Bulakrejo Muhammad Jaenuri mengaku tak menyangka bangunan peninggalan KH Aly Murshid akan ramai dikunjungi peziarah.

"Alhamdulillah sebelumnya memang warga sekitar tidak mengira, kalau bangunan peninggalan almarhum bapak KH Aly Murshid ini akan menjadi wisata religi dikunjungi banyak berziarah," ujar Jaenuri kepada detikcom saat dikonfirmasi, Senin (29/11/2021).