Mensos Jenguk Kakak Adik Alami Kelainan Pertumbuhan Fisik-Mental di Jember

Mensos Jenguk Kakak Adik Alami Kelainan Pertumbuhan Fisik-Mental di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 18:16 WIB
Mensos Risma Jenguk Kakak Adik Alami Kelainan Pertumbuhan di Jember
Risma jenguk kakak adik kelainan pertumbuhan fisik-mental (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Jember - Mensos Tri Rismaharini menjenguk kakak-beradik di Jember, Rudi (18) dan Rasidi (12) yang mengalami kelainan pertumbuhan fisik dan mental. Risma datang ke rumah warga Dusun Wringinsari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Jenggawah itu didampingi Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman.

Risma berjanji akan memberi perhatian khusus terhadap kakak beradik itu. Terutama terkait nutrisi dan alat bantu untuk beraktivitas. Risma juga memberi edukasi dua orang tua bersaudara tersebut Sayedi (69) dan Maryam (48) agar nantinya bisa merawat dan memulihkan kondisi kelainan genetik yang dialami putra-putranya tersebut.

"Dari kunjungan ini, nanti kita akan sempurnakan lagi alat bantunya agar sesuai dengan kondisi fisik (Adiknya). Sehingga, bisa lebih nyaman untuk si anak," kata Risma saat dikonfirmaai disela kunjungannya, Minggu (28/11/2021).

"Karena kalau tidak, orang tua akan mengalami kesulitan dan tidak beraktivitas normal karena putra-putranya. Sehingga ini masih kita siapkan alat bantunya untuk disesuaikan (Dengan kondisi kelainan genetik) dua adik kakak itu, masih kami sesuaikan. Kita ukur, karena kemarin kita masih kira-kira (Belum ditinjau langsung)," sambungnya.

Terkait kondisi fisik dan mental dari dua kakak beradik itu, Risma menjelaskan akan memberikan bantuan nutrisi dengan koordinasi dan konsultasi dengan dokter.

"Kami juga meminta saran dari ahli gizi. Khususnya apa-apa (Nutrisi yang tepat), dan bisa diberikan untuk dua anak ini. Setiap bulan bantuan nutrisi itu diberikan. Yang satu (Kakaknya) hyperaktif, nanti juga akan dibantu obat-obatan agar (Kondisi) hyperaktifnya turun (Lebih mendingan). Terutama juga terkait nutrisi otak (karena diduga mengalami kondisi mikrosefalus)," katanya.

Selain pemberian nutrisi, lanjut mantan Wali Kota Surabaya ini, pihaknya juga akan melakukan terapi khusus ke dua bersaudara tersebut. Namun untuk pemberian bantuan nutrisi diakui olehnya tidak bisa terus menerus dilakukan.

Simak juga 'Saat Bocah Berkelamin Ganda di Cianjur Butuh Bantuan untuk Operasi':

[Gambas:Video 20detik]



"Sehingga untuk menunjang, nantinya kita berikan bantuan stimulan nutrisi yang berasal dari ayam petelor, yang setiap hari bisa bertelor," ucapnya.

"Ada kurang lebih 20 ekor ayam yang diberikan, agar setiap hari bisa bertelur. Sehingga kebutuhan nutrisi terbantu. Karena (Teorinya) dari 18 ekor ayam bisa menghasilkan 1 Kg telur untuk membantu nutrisi bagi dua bersaudara itu," imbuhnya.

Kemudian untuk bantuan meningkatkan taraf ekonomi kedua orang tua Rudi dan Rasidi itu, Risma juga memberikan bantuan ratusan bibit lele, lengkap dengan kolam portabel untuk tempat budidaya.

"Selain tentunya dengan tujuan juga untuk tambahan nutrisi. Dan bagi kedua orang tuanya bisa membantu secara ekonomi. Jika berlebih (Hasil budidayanya) bisa dijual untuk mendapatkan pemasukan," ucapnya.

Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman berjanji akan berkoordinasi dengan kemensos untuk penanganan keluarga kakak beradik itu.

"Seperti soal orang tuanya yang tidak mau dibawa ke rumah sakit untuk kontrol kesehatan dan terapi. Nanti pelan-pelan kita akan dampingi dan beri edukasi. Nanti dari Dinkes dan Dinsos untuk berkunjung ke rumah melihat perkembangan Rudi dan Rasidi ini," kata pria yang akrab dipanggil Gus Firjaun ini.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pak kades setempat, terkait nutrisi dari ayam petelur dan bibit lele bantuan dari mensos itu. Kami berterima kasih dan akan kita dampingi juga agar bisa mandiri nantinya kedua orang tuanya," imbuhnya. (fat/fat)