Penahanan Sopir Vanessa Angel Diperpanjang 40 Hari

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 16:48 WIB
Joddy berbaju tahanan di polres jombang
Tubagus Joddy (seragam tahanan) di Polres Jombang/Foto: Istimewa (Polres Jombang)
Jombang -

Penahanan sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy (24) diperpanjang 40 hari di Rutan Polres Jombang. Perpanjangan penahanan dilakukan karena penyidik masih menunggu hasil analisis terhadap perekam data di mobil mendiang Vanessa.

"Sudah kami layangkan perpanjangannya ke kejaksaan 40 hari ke depan. Yang seharusnya habis tanggal 30 (November 2021), sudah kami ajukan perpanjangan 1 Desember sampai 9 Januari (2022)," kata Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat kepada wartawan di kantornya, Jalan KH Wahid Hasyim, Sabtu (27/11/2021).

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Joddy sebagai tersangka kasus kecelakaan Vanessa Angel pada Rabu (10/11). Sopir sekaligus fotografer Vanessa itu ditahan di Rutan Polres Jombang selama 14 hari sejak 11 November 2021.

Nurhidayat menjelaskan masa penahanan Joddy terpaksa diperpanjang karena sampai saat ini belum ada hasil analisis terhadap perekam data pada mobil Pajero Sport milik Vanessa Angel. Data itu terletak pada electronic control unit (ECU) mobil Vanessa. Agen tunggal pemegang merk (ATPM) Mitsubishi telah mengirim ECU ke Jepang.

"Kelengkapan berkas kami sudah selesai, tinggal satu kelengkapan terkait analisis data kendaraan. Kami memperpanjang itu untuk mengantisipasi analisisnya belum selesai," terangnya.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

(iwd/iwd)