Jadi Bukti Pelengkap Penyidikan, 'Black Box' Mobil Vanessa Angel Dikirim ke ATPM

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 20:24 WIB
vanessa angel tewas kecelakaan di tol jombang
Kondisi mobil Vanessa Angel yang mengalami kecelakaan (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Mobil Pajero Sport milik mendiang Vanessa Angel ternyata juga mempunyai perekam data semacam black box pada pesawat terbang. Data tersebut dibutuhkan penyidik untuk melengkapi bukti kasus kecelakaan Vanessa.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan perekam data pada mobil Vanessa Angel telah dikirim ke agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mitsubishi ke Jepang. Perekam data terdapat pada electronic control unit (ECU) mobil.

"Terkait pencatatan kejadian, bahasanya black box itu hasil koordinasi awal butuh waktu kurang lebih satu minggu. Masih dikoordinasikan dengan di negara asalnya di Jepang," kata Nurhidayat kepada wartawan di Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Kamis (18/11/2021).

Hidayat menjelaskan, 'black box' pada mobil mendiang Vanessa Angel tersebut juga memuat data kondisi kendaraan saat kecelakaan terjadi di Tol Jombang. "Kami ingin tahu terkait peristiwa pengereman, berfungsinya onderdil-onderdil, terkait pencatatan kecepatan. Menurut informasi itu bisa kami dapatkan," terang Nurhidayat.

Data yang terekam pada ECU mobil Vanessa Angel, lanjut Nurhidayat akan menjadi pendukung penyidikan kasus kecelakaan maut tersebut. Data-data itu untuk melengkapi bukti teknis.

"Itu yang mendukung penyidikan. Kalau secara umum kami sudah cukup yakin, cuman untuk melengkapi secara teknis tetap kami minta bantuan ATPM. Tetap kami tunggu hasilnya dari mereka supaya bisa kami terjemahkan dalam bentuk penyidikan," jelasnya.

Nurhidayat berharap ATPM Mitsubishi menyerahkan hasil analisis perekam data mobil mendiang Vanessa Angel sesuai waktu yang dijanjikan. Karena penyidik berpacu dengan masa penahanan tersangka Joddy yang hanya 14 hari. Seperti diketahui, tersangka ditahan di Rutan Polres Jombang sejak 11 November 2021.

Simak video 'Ayah Vanessa Angel Sudah Maafkan Tubagus Joddy':

[Gambas:Video 20detik]