Jadi Tersangka, Sopir Vanessa Angel Pilih Dibela Pengacara Negara

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 20:50 WIB
Joddy berbaju tahanan di polres jombang
Joddy berbaju tahanan di Polres Jombang/Foto: Istimewa (Polres Jombang)
Jombang - Tubagus Joddy (24) menjadi tersangka tunggal kasus kecelakaan Vanessa Angel. Sopir Vanessa ini memilih pengacara negara untuk membela dirinya.

Informasi tersebut disampaikan Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat. Menurut Hidayat, Joddy tidak menyewa pengacara sendiri. Namun, meminta pengacara yang disediakan negara.

"Pengacaranya ditunjuk oleh Polres, yang bersangkutan (Joddy) menyampaikan ke penyidik pengacaranya ditunjuk oleh Polres atau disediakan oleh negara," kata Nurhidayat kepada wartawan di Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Kamis (18/11/2021).

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Joddy sebagai tersangka kasus kecelakaan Vanessa Angel pada Rabu (10/11). Sopir sekaligus fotografer Vanessa itu disangka dengan pasal 310 ayat (4) dan atau pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Joddy sudah sepekan ditahan di Rutan Polres Jombang. Yaitu sejak Kamis (11/11) malam. Ia ditempatkan satu sel dengan tersangka tindak pidana lainnya. Menurut Nurhidayat, hingga kini kondisi sopir Vanessa Angel itu baik.

"Kondisi Joddy sehat, kemarin sudah dicek semuanya. Uji narkotika, miras sudah dilaksanakan, hasilnya negatif. Kondisinya memang sehat dari awal," terangnya.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

Simak video 'Ayah Vanessa Angel Sudah Maafkan Tubagus Joddy':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)