Tanggul di Lamongan Kembali Jebol, Ratusan Hektare Tambak dan Rumah Kebanjiran

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 09:21 WIB
tanggul jebol di lamongan
Tanggul yang jebol di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Tingginya debit air sungai akibat hujan intensitas tinggi di Lamongan menyebabkan tanggul penahan air jebol. Jebolnya tanggul ini menyebabkan puluhan rumah dan ratusan hektare tambak terendam.

Tanggul penahan air yang jebol ini adalah tanggul Sungai Plalangan yang berada di Desa Tambakploso, Kecamatan Turi yang jebol pada Jumat (26/11) malam. Tanggul jebol sepanjang lebih kurang 6 meter dan langsung menggenangi ratusan hektar tambak yang baru saja ditabur benih ikan.

"Tanggul jebol berada di Desa Tambakploso, Kecamatan Turi. Jebol pada Jumat malam," kata Kepala dusun Gabus, Desa Tambakploso, Kecamatan Turi Subintoro kepada wartawan, Sabtu (27/11/2021).

tanggul jebol di lamonganFoto: Eko Sudjarwo

Selain merendam ratusan hektar tambak, kata Subintoro, banjir akibat tanggul jebol ini juga berimbas pada puluhan rumah di Dusun Gabus yang juga ikut terendam. Jalan desa yang ada di Dusun Gabus, menurut Subintoro, juga ikut terendam banjir dengan ketinggian air hingga 40 cm.

"Banjir yang menggenangi kampung mulai datang tadi pagi," jelasnya.

Para petani pemilik tambak yang terendam banjir pun merugi hingga ratusan juta rupiah. Pasalnya, para petani baru saja menabur benih ikan setelah sebelumnya tanggul yang sama juga jebol 2 minggu yang lalu.

"Tanggul yang sama ini sekitar 2 minggu yang lalu juga jebol, kalau yang sekarang di tanggul yang sama tapi di titik yang lain," imbuhnya.

Selain Desa Tambakploso, Desa Balun yang masih berada di Kecamatan Turi juga kembali terkena luberan air. Sungai desa setempat tidak sanggup menampung debit air yang datang sehingga melimpas hingga ke jalan desa.

(iwd/iwd)