2 Tanggul Sungai di Lamongan Kembali Jebol

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 17:25 WIB
tanggul di lamongan jeboil
Dua titik tanggul sungai di Lamongan jebol (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Curah Hujan yang tinggi dan melubernya sungai kembali membuat tanggul di Lamongan jebol. Kali ini, 2 titik tanggul sungai yang ada di Kecamatan Modo jebol.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPPB Lamongan Muhammad Muslimin mengatakan jebolnya tanggul akibat curah hujan yang tinggi dan melubernya Sungai Cawak Kepoh baru yang meluber ke area lahan pertanian milik warga. Menurut Muslimin, ada 2 titik tanggul yang jebol di tempat ini.

"Melubernya aliran sungai ini mengakibatkan meluapnya air di sepanjang Kali jalur pembuangan ke Waduk Bowo yang membuat tanggul Desa Kedungrejo Kecamatan Modo jebol sepanjang 4-5 Meter dan tanggul yang ada di Desa Sambungrejo Kecamatan Modo jebol sepanjang 10-12 Meter," kata Muslimin ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (10/11/2021).

Akibat jebolnya 2 titik tanggul ini, terang Muslimin, mengakibatkan lahan pertanian di 3 desa di Kecamatan Modo, yaitu Desa Kedungrejo, Desa Sambungrejo dan Desa Sidomulyo terendam banjir. Di Desa Kedungrejo terdapat setidaknya 65 hektar lahan pertanian terendam, di Desa Sidomulyo area lahan pertanian yang terendam seluas 140 hektar. Di Desa Sambungrejo, papar Muslimin, selain area lahan pertanian seluas 85 hektar juga ada sebanyak 20 rumah yang tergenang.

"Di Desa Sambungrejo area lahan pertanian milik warga yang terendam seluas 85 hektare. Khusus di Dusun Jatok, Desa Sambungrejo ada sebanyak 20 rumah tergenang dengan ketinggian air mencapai 10-15 cm," ujar Muslimin.

Lahan pertanian yang terendam banjir ini, imbuh Muslimin, kebanyakan adalah lahan pertanian yang ditanami tembakau. Muslimin menyebut, kondisi tanggul belum ada perbaikan karena arus air masih tinggi dan lokasi juga masih hujan.

"TRC BPBD Lamongan melakukan kaji cepat ke lokasi banjir dan sementara membawa material berupa terpal dan glangsing untuk perbaikan tanggul," jelasnya.

Muslimin meminta warga untuk tetap waspada dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih dapat terjadi di wilayah Lamongan. BPBD Lamongan, ungkap Muslimin, mengimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di tingkat terkecil yaitu keluarga.

Sebelumnya 5 tanggul di kecamatan lain di Lamongan juga jebol. Tanggul jebol karena diterjang aliran air yang deras karena hujan lebat.

(iwd/iwd)