Hujan Deras di Lamongan Jebol Tanggul di 3 Desa

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 18:49 WIB
tanggul di lamongan jebol
Tanggul yang jebol (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Tingginya debit air akibat curah hujan mengakibatkan 3 tanggul sungai di Lamongan jebol. Tiga titik tanggul yang jebol ini berada di 3 tempat yang berbeda.

Data yang ada di BPBD Lamongan menyebutkan 3 tanggul yang jebol ini adalah tanggul Kali Mengkuli yang ada di Dusun Gedangan, Desa Dorogede, Sukodadi; tanggul Kali Plalangan yang ada di Desa Balun, Turi; dan tanggul Kali Lamong yang ada di Ngimbang.

"Tiga tanggul ini jebol pada dini hari sekitar pukul 03.00 dampak hujan deras yang terjadi pada Kamis (4/11) sore," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPPB Lamongan Muhammad Muslimin kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

tanggul di lamongan jeboltanggul ditutup dengan bilah bambu dan sand bag (Foto: Eko Sudjarwo)

Jebolnya 3 tanggul ini, menurut Muslimin, dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan selatan dimana kiriman air dari selatan Lamongan inilah yang kemudian meluas hingga ke wilayah utara. Air, kata Muslimin, terpantau mulai masuk ke wilayah utara sejak Jumat dini hari.

"Air dari selatan menuju wilayah utara di Kecamatan Sukodadi dan Turi," jelasnya.

Dikatakan Muslimin, panjang tanggul yang jebol hampir sama, yaitu sekitar 10 meter. Perbaikan, aku Muslimin sudah dan tengah dilakukan terhadap tanggul-tanggul yang jebol ini yang mencontohkan jika tanggul jebol yang berada di Desa Balun, Kecamatan Turi telah diperbaiki dengan menggunakan anyaman bambu dan sak. "Tanggul yang di Desa Balun sudah diperbaiki," kata Muslimin.

Selain tanggul jebol, tambah Muslimin, pihaknya juga mewaspadai tanggul-tanggul yang mengalami retak dan membahayakan. Pihaknya, tandas Muslimin, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan. "Tanggul-tanggul yang mengalami retak tersebut seperti tanggul Kali Plalangan yang ada di Desa Tambakploso, Kecamatan Turi," ungkap Muslimin. (iwd/iwd)