Tips dari Pasutri yang Punya Anak 'Kembar' Beda 6 Tahun

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 09:33 WIB
Bayi kembar biasanya lahir dalam waktu yang relatif bersamaan. Namun, bayi kembar asal Sumenep, Madura ini memiliki jarak lahir 6 tahun.
Saat Khadijah Adzkiya lahir pada 11 November 2021/Foto: Istimewa

Aisyah mengaku belajar banyak dari kegagalannya di tahun-tahun lalu. Begitu pula sang suami. Dia menyebut suaminya lebih perhatian, protektif dan menyuruhnya tidak banyak beraktivitas.

"Sampai saya dianterin kalau mau ke mana-mana," tambah Aisyah.

Sebelumnya, kisah pasutri pejuang dua garis biru ini viral dan membuat haru setelah diunggah akun Instagram Dr.Benediktus A,MPH,Sp.OG(K), @drbennyarifin. Dokter yang akrab disapa dokter Benny itu menjelaskan jika pasangan tersebut menabung embrio selama enam tahun.

"OLDEST" BABY GIRL @morulaivfsurabaya FOTO BARENG "SAUDARA KEMBAR" NYA. Puji Syukur kepada Yang Maha Kuasa, hari ini momen penuh kebahagiaan datang dari salah satu pasangan yg meniti buah hati @morulaivfsurabaya. Pasangan Aisyah Fiyanti @aisyah_fiyanti dan Rifki yang sudah lama menikah (12 tahun), 6 tahun yang lalu (2015) mengawali proses bayi tabung dan berhasil lahir Achmad Rifansyah (Evan) anak laki-laki pertama mereka di tahun 2016," tulis dokter Benny.

Pasangan tersebut melakukan Frozen Embryo Transfer (FET) kembali di tahun 2021 dari embrio yang telah disimpan selama enam tahun lalu. Sang ibu hamil lagi dengan sehat hingga lahir anak kedua yang diberi nama Khadijah Adzkiya pada 11 November 2021.

"Rona bahagia terpancar dari Evan (5) 'saudara kembar' Adzkiya (0) ketika melihat adiknya lahir di dunia. Karena berasal dari embrio yang sudah di frozen selama 6 tahun, kini baby Adzkiya menjadi one of the "oldest" baby girl in Morula Surabaya di tahun 2021," tambahnya.

"Bagi saya, momen ini merupakan pengalaman dan berita gembira. Tuhan memberikan lagi kesempatan kepada saya untuk menyaksikan kuasa-Nya yang luar biasa melalui pasangan ini. Ini juga sekaligus menjawab beragam pertanyaan dan keraguan tentang berapa lama Embryo bisa disimpan. Jawabannya: belum ada batasan waktu tertentu," lanjut dokter Benny.

Dokter Benny kemudian menuliskan maksud dari unggahannya tersebut. Ia mengaku ingin memberikan inspirasi bagi pasutri yang merencanakan program hamil.

"Semoga cerita ini menginspirasi dan membangkitkan semangat semua pasangan yang sedang merencanakan kehadiran buah hati, apalagi yang masih memiliki frozen embrio," tambahnya.


(sun/bdh)