2 Siswa Inklusi SMPN 2 Buduran Sabet Juara di Hari Anak Sedunia

2 Siswa Inklusi SMPN 2 Buduran Sabet Juara di Hari Anak Sedunia

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 21:50 WIB
2 Siswa Inklusi SMPN 2 Buduran Raih Juara di Hari Anak Sedunia
Foto: Istimewa
Sidoarjo - Hari Anak Sedunia atau Universal Children's Day, dua siswa inklusi SMPN 2 Buduran, Sidoarjo menyabet juara. Meski memiliki keterbatasan, namun anak istimewa ini memiliki prestasi yang menginspirasi.

Bertema A Better Future for Every Child (Masa Depan yang Lebih Baik untuk Setiap Anak), setiap anak mempunyai hak setiap waktunya untuk lebih baik dan wajib diberi hak yang sama untuk berprestasi. Tak terkecuali anak Inklusi atau anak berkebutuhan khusus (ABK).

SMPN 2 Buduran Sidoarjo sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi mendeklarasikan sebagai sekolah bebas perundungan (bullying) atau ramah anak. Tepat di Hari Anak Sedunia, lomba ABK Berkarya digelar Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo.

Dua siswa ABK SMPN 2 Buduran dikirim dan menyabet juara. Mereka yakni, Ananda Azzahra Eka Putri Hasandra dengan ketunaan Autis dalam lomba menyanyi lagu Mars Pramuka berhasil menyabet juara 1 dan Ananda Muhammad Raihan Dani P dengan ketunaan Tuna Rungu (B) dalam lomba tali temali (membuat 5 simpul dari 10 simpul yang ada) berhasil menyabet juara 3.

"Dua anak ini adalah istimewa. Anugerah dari Allah yang Luar Biasa. Mereka memiliki kelebihan yang patut diapresiasi," kata Itauningsih, guru pendamping, Sabtu (20/11/2021).

Ita sapaan akrabnya pun bersyukur dan berterima kasih ke Kasek Aris Setiawan, dan Nanik selaku guru mentor bidang Inklusi. Khususnya semua guru pengajar yang berhasil mengembangkan segala potensi anak anak.