TNBTS Ikuti Saran Pemerintah Akan Tutup Wisata Bromo pada Libur Nataru

M Rofiq - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 18:48 WIB
Plt Kepala Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardani.
Plt Kepala Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardani/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jika itu diterapkan maka TNBTS akan menutup wisata Bromo.

Saat ini, hanya wisata Bromo dari pintu Malang yang dibuka. Karena Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Kabupaten Pasuruan masih menerapkan PPKM level 3.

Pintu Malang dibuka karena Kabupaten Malang saat ini masuk PPKM level 2. Wisata Seruni Point dibuka mulai 4 November lalu.

Penjual suvenir khas Gunung Bromo, Ahmadi berharap wisata Gunung Bromo dibuka dari semua pintu. "Semoga dan berharap wisata Gunung Bromo total dibuka, karena saat ini hanya mengandalkan pendapatan dari wisata di Seruni Point. Pendapatan turun drastis. Tidak seperti dahulu sebelum ada pandemi COVID-19," ujar Ahmadi saat dikonfirmasi, Jumat (19/11/2021).

Namun pada momen Natal dan Tahun Baru nanti, TNBTS akan menutup wisata Bromo dari semua pintu. Sebab, pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 di seluruh Indonesia.

"Jika PPKM level 3, dipastikan wisata Gunung Bromo ditutup. Saat ini yang dibuka dari pintu masuk lewat Kabupaten Malang, karena statusnya di PPKM level 2," kata Plt Kepala Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardani.

(sun/bdh)