Bangunan Penuh Misteri di Malang Bukan Makam, Tapi Petilasan Eyang Sapu Jagat

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 13:38 WIB
Bangunan menyerupai makam berada di ujung utara jembatan Jalan Majapahit. Selama ini banyak yang bertanya-tanya tentang makam tersebut.
Bangunan seperti makam di barat Balai Kota Malang/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom

Minimnya catatan sejarah dari bangunan yang diduga makam ini, membuatnya berasumsi bisa saja bangunan itu dibuat agar tidak digusur. Maka julukan shadow makam disematkan Reza kepada bangunan itu.

"Makam itu shadow makam, makam pura-pura, biar nggak digusur, namanya kekuatan yang sudah mati, atau memang dibuat, karena tahu di Jawa khususnya, dan masyarakat Indonesia punya kepercayaan berlebihan kepada makam, sehingga itu dimanfaatkan, dieksploitasi," terangnya.

Menurut Reza, jika dikaitkan dengan Splendid Inn atau yang sekarang bernama Wisma Tumapel, yang dibangun tahun 1923, juga belum ada catatan soal keberadaan dari makam tersebut.

"Wisma Tumapel 1923 makamnya harus sebelum itu. Kalau bicara makam itu pembuktiannya susah kalau mau dibuktikan harus kita bor, dalam itu ada struktur tanah yang berbeda tidak di bawah kijing itu. Itu yang kita enggak tahu dan enggak pernah membuktikan," tuturnya.


(sun/bdh)