Misteri Makam di Barat Balai Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 17:26 WIB
Bangunan menyerupai makam berada di ujung utara jembatan Jalan Majapahit. Selama ini banyak yang bertanya-tanya tentang makam tersebut.
Makam di barat Balai Kota Malang/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang - Bangunan menyerupai makam berada di ujung utara jembatan Jalan Majapahit. Selama ini banyak yang bertanya-tanya tentang makam tersebut.

Area makam berada sekitar 300 meter dari Balai Kota Malang. Untuk menuju ke lokasi, bisa berjalan kaki ke arah selatan menyusuri tembok barat luar Balai Kota.

Sebuah bangunan akan terlihat di sisi barat, dengan pagar warna hitam. Di situlah makam itu berada, tepat di pinggir jalan atau belakang Wisma Tumapel.

Ada pagar besi berukuran lebar kurang dari satu meter sebagai akses keluar masuk area makam. Keberadaan kijing berwarna putih semakin meyakinkan jika itu merupakan makam dari seseorang.

Sebuah pohon beringin besar juga berdiri di atas area makam. Nisan tanpa nama menjadi teka-teki bagi masyarakat.

Misteri pun merebak di kalangan masyarakat Kota Malang. Ada yang menyebut itu merupakan makam salah satu sesepuh Kota Malang, yang babad alas atau membuka hutan, untuk tempat tinggal pertama di Kota Malang.

Ada juga yang mengatakan, bangunan diduga makam itu merupakan makam jasad orang Belanda, yang menjadi satu rangkaian dengan Wisma Tumapel, yang dahulu bernama Splendid Inn, saat menjadi hotel di masa kependudukan Belanda.

Bangunan menyerupai makam berada di ujung utara jembatan Jalan Majapahit. Selama ini banyak yang bertanya-tanya tentang makam tersebut.Makam di barat Balai Kota Malang/ Foto: Muhammad Aminudin/detikcom

Sejarawan Dwi Cahyono mengatakan, hingga saat ini tak pernah ditemukan soal asal usul dari keberadaan makam tersebut. "Sayang sekali tokoh itu siapa kita tidak mengenalnya. Mungkin dulu ada kubur sederhana saja, pada perkembangan berikutnya kita lihat sekarang diberi nisan baru diberi cungkup, diberi kijing, diberi jirat, diberi nisan baru diberi pagar. Sebenarnya tokoh itu adalah tokoh antah berantah kita juga tidak tahu persis siapa Mr X itu," ujar Dwi kepada detikcom, Sabtu (13/11/2021).

Dwi menduga tokoh yang dimakamkan di sana, besar kemungkinan warga Lor Brantas. Di mana aliran Sungai Brantas mengalir persis di sisi selatan area makam.

"Dugaan saya adalah warga Lor Brantas, karena dulu ada perkampungan kecil, kidul Brantas dan lor Brantas. Tapi kita tidak menemukan jejak kubur di situ (kidul Brantas), yang ada jejak kubur di Lor Brantas," katanya.