Bayi 'Kembar' Beda 6 Tahun Asal Sumenep, Madura Lahir Berkat FET, Apa Sih Itu?

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 10:32 WIB
Bayi kembar beda 6 tahun
Bayi kembar beda usia 6 tahun (Foto: Instagram @drbennyarifin)
Surabaya -

Bayi 'kembar' asal Sumenep, Madura ini memiliki selisih jarak lahir selama 6 tahun. Sang adik berhasil lahir dengan metode FET. Apa itu?

Sebelumnya, kisah pasutri ini sempat viral dan membuat haru setelah diunggah akun Instagram dr Benediktus A MPH SpOG(K) @drbennyarifin. Dokter yang akrab disapa dokter Benny itu membagikan kebahagiaan dan menjelaskan jika pasangan tersebut menabung embrio selama enam tahun.

Diketahui, FET atau Frozen Embryo Transfer atau transfer embrio beku, merupakan proses membekukan embrio dan mencairkan kembali saat hendak ditanamkan ke dalam rahim.

Baca juga: Perjalanan Panjang Pejuang 2 Garis Biru hingga Dikaruniai Anak 'Kembar' Unik

Dokter muda yang membuka praktik di Surabaya ini menceritakan awalnya, pasangan ini memutuskan melakukan bayi tabung atau program in vitro fertilization (IVF) pada 2015. Dalam prosesnya menghasilkan 6 embrio.

Sementara sisa embrio yang tidak ditanam ke dalam rahim, dilakukan proses pembekuan. Setelah 6 tahun berlalu, embrio tersebut dicairkan dan dimasukkan ke dalam rahim hingga melahirkan seorang bayi.

"Saya sudah menggenggam mereka sejak 2015, bayi tabung mendapatkan 6 embrio. Dan kemudian kehamilan anak pertama lahir di tahun 2016 dan mendapatkan anak laki-laki," kata dokter Benny.