Round-up

Perjalanan Panjang Pejuang 2 Garis Biru hingga Dikaruniai Anak 'Kembar' Unik

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 10:07 WIB
Bayi kembar biasanya lahir dalam waktu yang relatif bersamaan. Namun, bayi kembar asal Sumenep, Madura ini memiliki jarak lahir 6 tahun.
Saat Khadijah Adzkiya lahir pada 11 November 2021/Foto: Istimewa
Surabaya -

Kisah anak 'kembar' dengan jarak kelahiran 6 tahun viral di media sosial. Kisah haru tersebut buah dari perjalanan panjang pasutri asal Sumenep untuk memiliki momongan.

Pasutri tersebut yakni Aisyah Fiyanti dan Rifki. Kepada detikcom, Aisyah mengaku menikah sejak tahun 2008. Namun hampir 8 tahun berlalu, pasangan ini belum dikaruniai buah hati.

Segala upaya pun telah dicoba. Mulai dari cara tradisional seperti dipijat, mengonsumsi obat dan suplemen hingga berkonsultasi ke dokter. Namun, upaya ini tak kunjung menemui hasil.

Akhirnya di 2015, pasangan ini memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung. Saat itu, dirinya tak sengaja direkomendasikan seorang dokter untuk menemui dr Benediktus A,MPH,Sp.OG(K) atau dr Benny di Surabaya.

Perjalanan panjang selama 5 jam pun ditempuh Aisyah dan suami untuk menemui dr Benny. Program tersebut dijalankan dan menghasilkan 10 embrio pada 2015.

Namun, program ini sempat gagal. Aisyah bercerita, 3 embrio pertama yang dimasukkan ke rahimnya gugur. Meski sempat bersedih, dia akhirnya bangkit dan berupaya kembali menanam 2 benih embrio.

Penantian dan perjuangannya pun berbuah manis. Program ini berhasil hingga lahir anak pertamanya, Achmad Rifansyah atau Evan di tahun 2016.

"Kita coba lagi dan berhasil lahir kakaknya pada 2016," kata Aisyah kepada detikcom di Surabaya, Rabu (17/11/2021).

Simak video 'Ketika Bumil Ngidam Naik Mobil Dinas Bupati dan Dikabulkan!':

[Gambas:Video 20detik]