Polisi Tuntaskan Berkas Perkara Kecelakaan Vanessa Angel

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 17:49 WIB
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Polisi telah menuntaskan berkas perkara kecelakaan Vanessa Angel. Hanya saja, pelimpahan berkas perkara tersebut ke kejaksaan masih terganjal keterangan dari agen tunggal pemegang merk (ATPM) Mitsubishi.

"Pemberkasan kami sudah tuntas. Penyidik menyampaikan pemberkasan sudah tuntas. Memeriksa saksi sekitar 10 orang, langkah-langkah formal dan material sudah kami koordinasikan dengan kejaksaan," kata Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat kepada wartawan di kantornya, Jalan KH Wahid Hasyim, Kamis (18/11/2021).

Namun, penyidik Satlantas Polres Jombang belum melimpahkan berkas perkara dengan tersangka sopir Vanessa, Tubagus Joddy (24) itu ke kejaksaan. Menurut Nurhidayat, penyidik menunggu keterangan dari ATPM Mitsubishi.

Sedangkan keterangan dua saksi ahli lainnya telah diterima penyidik. Yakni dari Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya, serta Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Ditlantas Polda Jatim dan Korlantas Polri.

"Kami minta secepatnya, mereka (ATPM Mitsubishi) menjanjikan kurang lebih satu minggu harapan kami sudah selesai," terangnya.

Nurhidayat berharap ATPM Mitsubishi menyerahkan hasil pemeriksaan terhadap mobil mendiang Vanessa Angel sesuai waktu yang dijanjikan. Karena penyidik berpacu dengan masa penahanan tersangka Joddy yang hanya 14 hari. Seperti diketahui, tersangka ditahan di Rutan Polres Jombang sejak 11 November 2021.

"Kami ingin kepastian dari ATPM. Kalau terlalu lama kami terbebani masa tahanan. Kalau habis kan repot juga. Kalau dalam jangka waktu yang sudah kami sepakati tidak dilaksanakan, akan tetap kami kirim (ke kejaksaan) berkasnya," tandasnya.

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Joddy sebagai tersangka kasus kecelakaan Vanessa Angel pada Rabu (10/11). Sopir sekaligus fotografer Vanessa itu disangka dengan pasal 310 ayat (4) dan atau pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

(iwd/iwd)